Tips Menjalin Hubungan Jarak Jauh

Diposkan oleh Inspirasi Kecilku on Rabu, 08 Juni 2011

Di zaman globalisasi yang tak lagi mengenal batas jarak dan waktu, kerap kali kita menemui adanya sebuah hubungan percintaan yang mengharuskan mereka menjalaninya secara jarak jauh. Entah karena alasan pendidikan dan pekerjaan, hubungan jarak jauh atau yang lebih dikenal dengan LDR (Long Distance Relationship) ini menjadi sebuah hal yang biasa.

Memang jika kita mampu menjalani dan menyikapi hubungan ini dengan baik, maka ending yang bahagia akan mampu kita peroleh seperti apa yang sebelumnya kita dan pasangan kita inginkan. Akan tetapi, tidak jarang juga ada hubungan cinta jarak jauh yang harus berakhir di tengah jalan karena masing-masing sudah mengalami rasa jenuh, was-was, dan serba tidak nyaman untuk melanjutkan hubungan seperti itu.

Masalah kecil bisa menjadi sumber konflik yang serius jika kita tidak bisa menjaga hubungan cinta kita masing-masing dengan baik. So, bagaimana caranya agar hubungan jarak jauh kita tetap terjaga dengan baik?

1. Jaga kepercayaan.

Kepercayaan terhadap pasangan sangat mutlak dibutuhkan dalam LDR. Dengan sikap yang saling percaya antara satu dengan lainnya akan membuat perasaan kita menjadi nyaman dan tenang. Kita akan selalu berpikiran positif jika pasangan kita memang bisa diandalkan dan selalu setia menjaga cinta dan sayang kita masing-masing.

2. Buat sebuah komitmen.

Membuat komitmen terhadap hubungan yang sedang kita jalankan sangat penting terutama jika kita menjalaninya secara jarak jauh. Pasangan kita butuh kepastian tentang bagaimana jadinya hubungan kita ke depannya. Apa yang ingin kita wujudkan dari hubungan ini? Apa yang ingin kita capai dari hubungan kita ini?

Dengan hadirnya sebuah komitmen akan membuat perasaan kita selalu terikat dengan pasangan. Kita memiliki arah tujuan yang jelas ketika menjalin cinta. Sehingga, hubungan cinta kita ini bukan lah sebuah pelampiasan emosi muda biasa, melainkan sebuah sarana untuk menyatukan kehidupan kita dan pasangan kita dalam ikatan cinta untuk selamanya. Kita pasti menikah untuk hidup bahagia bersama pasangan dan anak-anak kita. Indah bukan?

3. Jaga selalu komunikasi.

Di saat kita terbentang jarak yang jauh dengan pasangan kita, cara yang paling ampuh untuk tetap menjaga keutuhan cinta kita adalah dengan tetap menjaga intensitas komunikasi. Jaga lah frekuensi komunikasi kita dengan pasangan secara baik. Jangan terlalu sering agar tidak bosan dan jangan terlalu jarang agar kita bisa saling berbagi kabar dan tidak menaruh rasa saling curiga.

4. Jangan mudah termakan gosip.

Dalam menjalani hubungan jarak jauh, kita jangan sampai mudah termakan oleh berita yang belum jelas kebenarannya. Gosip murahan yang tidak jelas bisa menjadi pemicu keretakan hubungan dengan pasanga jika kita tidak pandai-pandai untuk menyikapinya. Lebih baik, tanyakan secara langsung kepada pasangan kita terkait kebenaran berita tersebut agar kita mengetahui jawaban yang sebenarnya, tidak lagi menaruh curiga, dan selalu berprasangka buruk karena gosip tersebut.

5. Kenali lingkungan dan teman pasangan kita di sana.

Usahakan kita mengetahui seperti apa lingkungan pasangan kita berada. Dengan mengunjungi tempatnya, kita akan merasa lebih nyaman dan tenang dengan keadaannya. Kita tidak akan lagi menaruh rasa gelisah kepadanya.

Dengan mengenal lingkungannya secara baik juga kita akan membuat kita sedikit banyak mengetahui siapa saja teman-temannya. Jika kita sudah dekat dan mengetahui seperti apa dan bagaimana karakter teman-teman pasangan kita, kita akan lebih mudah memantau bagaimana kira-kira kehidupannya di sana. Kita juga akan lebih mudah mengendalikan diri dari hal-hal buruk yang bisa merusak hubungan kita.

6. Luangkan waktu khusus untuk bersama.

Saat kita menjalani LDR, otomatis waktu kita untuk saling berduaan akan terpangkas habis. Jangan sampai karena alasan jarangnya bertemu dan menghabiskan waktu bersama akan membuat cinta dan sayang di antara pasangan kita memudar. Karena itu, usahakan kita memiliki waktu khusus untuk berduaan bersamanya. Tidak harus bertemu secara langsung untuk bepergian ke suatu tempat. Kita juga dapat memanfaatkan sarana komunikasi seperti sms, telpon, chatting, video call, dsb untuk bisa saling mencurahkan rasa rindu bersama.

Hubungan cinta jarak jauh memang terlihat sulit untuk dijalani. Namun, jika kita memiliki niat dan tekad yang kuat untuk selalu bersama, pasti segala kesulitan yang menghadang akan mampu teratasi dengan baik. Hingga pada akhirnya, hanya ada kita dan pasangan kita lah yang akan selalu hidup berdampingan dalam ikatan cinta selamanya. Bersemangat, karena cinta juga butuh perjuangan dan pengorbanan untuk mencapai hasil yang bahagia!

{ 33 komentar... Baca atau Berikan Komentar }

Eka mengatakan...

aku cwe 19 tahun, ini kisahku LDR.
aku suka tips-tips dari anda,,, tapi agar lebih ngeyakinin lagi donx agar cwo saya bisa percaya penuh kepada saya. terima kasih

Anonim mengatakan...

F 25TH :THANKS BANGET SARAN NYA TADINYA AKU SEMPAT MERASA JENUH DENGAN LDR TAPI HABISBACA BLOG INI JADI SEMANGAT LAGI MEMPERTAHANKAN HUBUNGAN LDR SY YG HAMPIR PUPUS

Anonim mengatakan...

jhon sagala
kasih dia selau perhatian penuh tanpa ada rasa bosan, anggap aja sebuah perjuangan cintamu.terimakasih

Anonim mengatakan...

coy
aku cowo umur 23 thn.ini kisah LDR.
aku punya cewe kami hubungan jarak jauh, gmna dong klo kita gak tau lingkungan di tempat cewe kita tuch...bagi teman2 kasih saran dong.trimzz

"jossjaya" mengatakan...

"LDR sangat membosankan kalo kita gagk bisa benar-benar menyiasati hubungan ini. Aku juga mengalaminya. Awalnya kerasa nyaman-nyaman saja, tapi ketika uda berbulan-bulan, kejenuhan itu mulai muncul. huuffhh,,
kalo dibilang cinta. Masih sangat cinta,, bahkan walaupun kejenuhan itu uda datang. Aku gagk pernah ngelirik cowok lain. Tapi napa justru kejenuhan ini malah bikin terasa sangat, sangat membosankan ...." Tau degh,, Pusing bangetz...

kakak mengatakan...

saya pria 25 tahun yg sedang menjalani studi di Luar Negeri, tidak lama ko cuma satu tahun.. sekarang sy menjalani hubungan LDR. sebulan pertama berjalan lancar, tepat masuk bulan ke dua pacar saya tiba2 minta putus, tiba2 tidak yakin dengan komitmen yg kita buat sebelumnya, tiba2 mempertanyakan hakikat jodoh, apakah saya laki2 yang tepat, dan mulai tidak ramah, susah dinasihati dan selalu mengungkit2 kesalahan saya, yaitu pernah marah sama dia..dan banyak lagi..saya menangkapnya dia jenuh dengan LDR, atau mungkin memang jenuh dengan saya, kami pacaran sudah 5 tahun dengan putus nyambungya..mohon masukan, karena sejak pertama kali kenal sama dia, hingga saat ini saya memang meniatkan untuk menjadikan dia pendamping hidup saya. bahkan saya sudah berencana dan telah saya ungkapkan ke dia sejak dulu bahwa setelah sekolah ini, siap2lah dilamar..cuma sekarang semua janji dan komitmen sudah mulai luntur..FYI: tidak pernah ada pihak ke 3 dari pihak saya baik dulu maupun sekarang..tp saya gak tau di pihak pasangan saya seperti apa..mohon masukannya (saya cinta dengan pasangan saya begitu juga dengan hubungan kami)..

Mayya mengatakan...

jd tambah yakin bwt pertahanin hubungan w...

ayyankna afjal mengatakan...

w syang bgt ma cwog w, tp w ma dia mank mch kutil ch mch 18 thun... jd gg prnah ngmgin swtu yg sriuzz or komitmen yg gmn gtu...
cm w bener2 yakin bwt pertahanin cinta w coz dri prtma jdian gg ad cwog yg bza ngalihin cinta w ke dia...

hmmm cuma susahnya,
lw dya gi ngmbek...
kdang w mkir bwt prgi jauh2 dri khidupan dya....

gmna yh cra bwt ngilangin prsaan yang ky gitu....

shyzel4ever mengatakan...

siska berkata....
aku suka semua tips-tipsX karna dengan itu semua hubungan kita sama si dia tetap lancar dan kita tetap sayang

jual obat herbal stamina lansia mengatakan...

memang berat hubungan jarak jauh...
pengalaman pribadi,
sekarang sudah tidak lagi...

Unknown mengatakan...

Hubunqan jarak jauh ?
Ehm siapa takut..
Komitmen n kpercyaan d antara ku ma pasanqan yq mperkuat.
Smqa 4thn yq akan dtanq adlh hal bhaqia yq akn kami dpt stlah kami mjalani LDR pnuh dqan liku2 mslah ato ujian.
Tak ada yq istmewa kecuali tnpa cmpur tanqanMU ALLAH..
Buat yq LDR mqa lanqqenq ya...
Amin.

Car Mall mengatakan...

jagalah kepercayaan buatlah sebuah komitmen,,, itu saya rasa sudah cukup buat saya mas,,,

Tukang Pos mengatakan...

Apapun bentuknya, komitmen adalah hal pertama yang harus ada bahkan sebelum memutuskan untuk menjalin hubungan. Dan tenggang waktu komunikasi yang tepat tentunya akan menambah kepercayaan bersama.

BLOG INSPIRASI mengatakan...

Thanks atas postingannya sekarang jadi ngerti.....

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

tk s tipsnya ya

Anonim mengatakan...

thanks tips nya

Anonim mengatakan...

que cwe 18'th...que bntr lgi mo jlanin LDR ..
tlg donx ksih sran yg bsa bwat dya sslu ingt k'que..trims

Anonim mengatakan...

terimakasih artikelnya...mengingatkan pentingnya kepercayaan dalam LDR dan tentunya kesabaran,hampir saja saya kehilangan kekasih yang baik hati,penyabar dan taat,karena kecerobohan saya yang tidak bisa memanage rasa cemburu karena sulitnya komunikasi. alhamdullilah,meski tertekan lahir batin karena didiamkan selama tiga minggu,saya banyak mendapat pelajaran selama tiga minggu itu...BERPIKIR POSITIVE !!

Anonim mengatakan...

Dewi Shein Ayubby says :
Ku cewek 21 Thn, Seneng banget sama tips2 kamu..
Ku juga lagi mengalami LDR. Bner2 sulit jika dilaksanakan, karena pernah gagl menjalani LDR. terima kasih buat tips nya semoga bisa membantu ku dan teman2 lainnya ya.. ^_^

Anonim mengatakan...

denny ardiansyah :
sy seorang pria 21 tahun berpacaran secara jarak jauh hampir 4 tahun dan akhirnya pupus krena rasa bosan, pekerjaan sy yg jrg ada dirumah membuat saling percaya, tapi setelah membaca blog ini saya akan coba dengan wanita lain,mudah2 berhasil

pace mengatakan...

akn sya lakukan ...

Anonim mengatakan...

thanks tips nya
smga jrak tidak membuat kta semua menyerah

Anonim mengatakan...

Aku baru berumur 16 tahun udah jalanin LDR sma pacar selama 8 bulan lamanya, dulunya agak resah dan curiga tapi sekrang tidak lagi. Blog ini sangat membantuku dan buatku teringat kembali agar LDR dengannya semakin menyenangkan dan membuat tidak menyerah untuk menjalankannya

Thank's alot for your blog :). Yang sekarang LDR'an semoga langgeng semua. Amin :D

Anonim mengatakan...

Makasih wat tips nya,, bermanfaat bgt wat yang LDR......

solusi pasutri mengatakan...

alat pembesar payudara

alat pembesar penis

alat sex untuk pria

alat sex untuk wanita

Krim pemutih wajah

minyak oil pembesar penis

obat kuat sex pria

obat pembesar penis

obat penggemuk badan

Obat Peninggi Badan

obat perangsang wanita

Pelangsing herbal alami

Pemutih badan

Produk Kecantikan

Selaput Dara Palsu

Anonim mengatakan...

tips2nya bagus banget..tapi pacarq itu orangnya cuek banget,judes,semaunya sendiri,jarang memberiku penjelasan kalo ada sesuatu,dia juga jarang memberiq surprise ato apa ya yang romantis gt gag pernah,jarak jauh dan ketemunya minimal sebulan sekali..dia sering ama teman2nya dan kadang lupa ama aku,padahal sebelum ama teman2nya itu dia udah ama aku.aku sering cemburu dan slah paham ama dia,cz dia juga sering mbuatq gag percaya ama dia,temen2nya juga 60% cewek di lingkungannya.menurut u,q harus gimana ya,tapi dia gag pernah mau lowq putusin,and q ma dia udah punya komitmen kedepannya,tapi ea itu sifat2nya tadi yang sering buat kami berantem..minbta solusinya ya..

Inspirasi Kecilku mengatakan...

Buat komitmen kesetiaan yang kuat. Dengan komitmen, kita akan lebih nyaman satu sama lain. Tidak ada lagi rasa curiga yang berlebihan dan sikap possesif yang justru merugikan. Kita juga bisa menampilkan kesetiaan kita padanya. Jika kita setia dan dia mengetahuinya, dia akan mengerti, menghargai, dan tidak ingin menyalahgunakan kesetiaan yang sudah kita berikan kepadanya.

Anonim mengatakan...

aku cewe 18thn, aku tinggal diamerika. aku pernah ldr hampir 3th dengan mantanku di jakarta. kita putus karna aku merasa bosen dengan mantanku yg gak punya waktu buat aku lagi. sekarang aku pny pacar baru yg tinggal dijakarta,belum sebulan jadian dia sudah selingkuh. saya jadi teringat dengan mantan saya yg super duper setia. sekarang saya minta balikan tp dia mau hanya sebatas teman.

Anonim mengatakan...

LDR,, itu sesuatu yang menakutkan ,

dimdroid mengatakan...

terima kasih artikelnya gan, hehehe :)

Anonim mengatakan...

mantab......

Anonim mengatakan...

Aq lgi LDR.. Tpi pcr ku blg dy syng sma aq.. Tpi dy trllu sbuk shngga dy jrang prhtian dn kmuniksi sma aq..
Aq hrus gmna.??
Kasi tips donk..??

Anonim mengatakan...

gue juga baru ldr nih, cewe gue dimedan sedangkan gue harus kuliah di stan jakarta. gue takut cewe gue punya cowo ato tertarik sama cowok lain di medan. kadang menjaga kepercayaan itu sulit banget ya..

Poskan Komentar

 

Daftar Blog Saya

  • Banjir di Mijen Demak - Aneh, rumahku jauh dari kali dan sungai yang besar, tetapi tetap kebanjiran. Bukan hanya itu, banjirnya ini juga lama dan berulang sampai dua kali dari tan...
    11 bulan yang lalu

Komentar Terbaru

Pengikut