Disabilitas dan Pandangan Masyarakat

Diposkan oleh Inspirasi Kecilku on Kamis, 17 November 2011


Disabilitas dan Pandangan Masyarakat

Sejenak mengenal disabilitas.


Disabilitas merupakan kata lain yang merujuk pada penyandang cacat atau difabel. Bagi masyarakat awam, kata disabilitas mungkin terkesan kurang familiar karena mereka umumnya lebih mudah menggunakan istilah penyandang cacat.

Membahas masalah disabilitas dan pandangan masyarakat merupakan sebuah ironi. Para kaum disabilitas membutuhkan bantuan dan respon positif dari masyarakat untuk berkembang, tetapi mereka justru mendapatkan perlakuan berbeda dari masyarakat.

Umumnya masyarakat menghindari kaum disabilitas dari kehidupan mereka. Alasannya sederhana, karena mereka tidak ingin mendapatkan efek negatif dari kemunculan kaum disabilitas dalam kehidupan mereka seperti sumber aib, dikucilkan dalam pergaulan, dan permasalahan lainnya.

Apakah kita pernah berpikir tentang disabilitas di sekitar kita? Apakah kita pernah menganggap keberadaaan mereka? Bagaimana perasaan kita jika takdir menghendaki kita sebagai salah satu bagian dari kaum disabilitas?

Jawaban dari pertanyaan di atas dapat mencerminkan kepedulian kita terhadap masalah disabilitas. Semakin kita dekat dan peduli dengan mereka, maka akan semakin baik.

Apa itu disabilitas?
Menurut UU No.4 Tahun 1997 Tentang penyandang cacat, penyandang cacat didefinisikan sebagai setiap orang yang mempunyai kelainan fisik dan/atau mental, yang dapat mengganggu atau merupakan rintangan dan hambatan baginya untuk melakukan secara selayaknya, yang terdiri dari Penyandang cacat fisik, Penyandang cacat mental, Penyandang cacat fisik dan mental.

Contoh disabilitas yang biasa kita temui sehari-hari adalah orang yang terlahir cacat tanpa penglihatan yang bagus (tunanetra), pendengaran yang bagus (tunarungu), pembicaraan yang bagus (tunawicara), dan sebagainya. Disabilitas yang mengarah pada cacat mental juga dapat kita lihat pada seseorang yang memiliki keterbelakangan mental.

Bagaimana pandangan masyarakat kepada para penyandang disabilitas?

Disabilitas dan Pandangan Masyarakat adalah dua hal yang saling berkaitan, tetapi berbeda. Masyarakat memiliki pandangan yang berbeda terhadap disabilitas yang berada di sekitar mereka. Umumnya masyarakat menganggap jika keberadaan kaum disabilitas ini sebagai sesuatu hal yang merepotkan. Ada yang menganggap keberadaan mereka sebagai aib keluarga, biang masalah, hingga kutukan akan sebuah dosa yang pada akhirnya semakin memojokan disabilitas dari pergaulan masyarakat.

Dalam perkembangan berikutnya, pandangan masyarakat terhadap disabilitas berubah menjadi sesuatu yang harus mereka kasihani dan mereka tolong. Hal ini dikarenakan mereka adalah sosok yang dianggap kurang mampu dan membutuhkan bantuan.

Secara garis besar, sikap dan pandangan masyarakat terhadap kaum disabilitas dapat dibedakan menjadi tidak berguna/tidak bermanfaat, dikasihani, dididik/dilatih, dan adanya persamaan hak.

Pandangan masyarakat terhadap kaum disabilitas juga dibedakan menjadi dua model, yaitu individual model dan social model. Individual model menganggap jika kecacatan yang dialami oleh seseorang itu lah yang dianggap sebagai masalahnya. Sedangkan social model menganggap jika masalahnya bukan terletak pada kecacatan yang dialami oleh seseorang, tapi bagaimana cara pandang masyarakat yang negatif terhadap kaum disabilitas ini yang menimbulkan masalah.

Perlu diingat bahwa keberadaan kaum disabilitas itu pasti ada dalam sebuah negara. Menurut WHO sebagai organisasi kesehatan dunia, jumlah kaum disabilitas dalam sebuah negara itu setidaknya sebesar 10% dari total keseluruhan penduduk sebuah negara. Di indonesia sendiri menurut catatan dari kementerian sosial jumlah kaum disabilitas mencapai 7 juta orang atau sekitar 3% dari total penduduk Indonesia yang berjumlah 238 juta pada tahun 2011.

Keberadaan kaum disabilitas ini layak mendapat perhatian yang serius dari pemerintah. Upaya pemerintah dalam melindungi kehidupan disabilitas sudah tertuang dalam berbagai peraturan perundang-undangan yang ada. Contohnya adalah perlindungan hukum seperti yang tercantum dalam UUD 1945, No.4 Tahun 1997 Tentang penyandang cacat, UU No.28 Tahun 2002 Tentang Bangunan Gedung, dan lainnya.

Dengan adanya payung hukum di atas, diharapkan akan tercipta sebuah tata kehidupan yang dapat mendorong disabilitas untuk turut aktif berpartisipasi dan mengembangkan potensi dalam bidang pendidikan, pekerjaan, kesehatan, kesejahteraan sosial, dan bidang lainnya.

Meskipun secara jelas pemerintah sudah menetapkan beberapa peraturan perundang-undangan yang melindungi hak-hak kaum disabilitas, tetapi pada praktiknya hal ini tidak berjalan sebagai mana mestinya. Banyak terjadi pelanggaran terhadap kaum disabilitas terutama pada bidang pendidikan dan pekerjaan.

Pada bidang pendidikan, coba lihat beragam kasus yang pernah muncul di media masa mengenai perlakuan yang tidak adil terhadap kaum disabilitas ini. Kebanyakan disabilitas tidak mampu mengakses pendidikan yang lebih baik karena mereka minim sekali untuk mendapatkan akses melakukan hal itu.

Misalnya, dari segi persyaratan pendidikan yang diterapkan. Memang ada bidang pendidikan tertentu yang mengharuskan muridnya tidak boleh cacat karena berkaitan dengan kinerjanya nanti selama masa pendidikan. Akan tetapi, hal itu bukan lah harus berlaku secara umum. Harus ada semacam kajian yang baik apakah persyaratan itu benar-benar dibutuhkan atau tidak. Karena jika penetapan persyaratan ini terkesan asal-asalan, maka hal ini akan sangat mengancam eksistensi para kaum disabilitas dalam mendapatkan akses pendidikan yang layak.

Banyak disabilitas tidak dapat bersekolah dan melanjutkan ke perguruan tinggi karena mereka dianggap cacat fisik yang dianggap tidak dapat mengikuti proses pendidikan dengan baik. Padahal dalam UU No.28 Tahun 2002 Tentang Bangunan Gedung dinyatakan bahwa setiap institusi pendidikan wajib menyediakan sarana dan prasarana pendidikan yang menyediakan kemudahan bagi para kaum disabilitas dalam mengakses fasilitas pendidikan.

Pada bidang pekerjaan pun juga demikian. Perhatikan bunyi UUD 1945 pasal 27 ayat 1, Segala warga negara bersamaan kedudukannya di dalam hukum dan pemerintahan dan wajib menjunjung hukum dan pemerintahan itu dengan tidak ada kecualinya. Ayat 2, Tiap-tiap warga negara berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak bagi kemanusiaan. Dua ayat tersebut secara tegas dan jelas memperlihatkan bahwa semua warga negara baik yang normal dan disailitas memiliki peluang yang setara dalam memperoleh pekerjaan.

Pada No.4 Tahun 1997 Tentang penyandang cacat juga dinyatakan jika dalam rasio penerimaan pekerjaan, paling tidak harus ada 1 orang disabilitas yang diterima dari 100 pekerja yang diterima.

Akan tetapi, sama halnya dengan dunia pendidikan jika partisipasi disabilitas dalam dunia kerja juga kurang akibat adanya perlakuan diskriminasi terhadap mereka. Disabilitas dianggap sebagai kaum yang tidak mampu dan tidak berdaya guna dalam bekerja. Sehingga disabilitas diklaim tidak memiliki kinerja dan produktifitas yang mumpuni.

Apa harapan dan opini mengenai peranan situs Kartunet.com sebagai media sosialisasi isu-isu disabilitas untuk membentuk masyarakat inklusif?

Masyarakat inklusif bisa diartikan sebagai sebuah kondisi masyarakat yang mengahargai adanya perbedaan dalam kebersamaan. Adanya perbedaan antara kaya dan miskin, cacat dan normal ini dianggap sebagai sebuah hal biasa yang sudah membaur dalam mayarakat.

Masyarakat menghargai hak-hak setiap individu dan mendorong setiap individu untuk berkembang lebih baik. Mereka juga menganggap jika setiap individu harus berprestasi sesuai dengan kapasitasnya masing-masing dan tidak harus disamakan dengan kemampuan orang lain, sehingga kehidupan harmonis pun dapat tercipta.

Peran situs kartunet.com dalam mewujudkan model masyarakat inklusif di tengah keadaan dan cara pandang masyarakat kita yang cenderung negatif terhadap kaum disabilitas ini sangat berperan penting. Karena semakin banyak yang peduli dengan disabilitas, maka akan semakin terbuka lebar juga peluang bagi adanya persamaan hak untuk setiap golongan masyarakat termasuk disabilitas.

Kartunet.com diharapkan bisa menjadi perintis kepedulian terhadap disabilitas. Dengan adanya perkembangan dan pemanfaatan teknologi informasi yang baik, diharapkan kampanye tentang kepedulian disabilitas dapat terus digalakan dengan baik.

Karena pada dasarnya berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan jika selama ini kepedulian masyarakat terhadap kaum disabilitas sangat kurang. Sementara itu aturan perundang-undangan sudah jelas menyatakan jika disabilitas mendapatkan perhatian yang serius dari pemerintah. Yang harus banyak dilakukan adalah kampanye, sosialisasi akan peraturan dan program pemerintah tersebut kepada masyarakat luas.

Kartunet.com bisa mengambil peran ini dalam penyebarannya di dunia maya. Karena kita tahu, jika penyebaran informasi di dunia maya ini akan sangat efektif dan efisien jika dibanding dengan dunia nyata.

Semoga dengan adanya upaya tersebut dapat mengantarkan kehidupan masyarakat Indonesia pada kondisi di mana kita semua saling menghargai dan terciptalah tata kehidupan masyarakat inklusif sebagaimana yang telah dimanatkan dalam undang-undang dan peraturan lainnya agar kualitas kehidupan kita bersama menjadi lebih baik lagi.

{ 96 komentar... Baca atau Berikan Komentar }

Cayun Notes mengatakan...

Memang kebanyakan kaum Disabilitas sering dikucilkan di lingkunganya, padahal ini membuat kaum disabilitas itu menjadi putus asa dan tidak menjadi semangat.

Seharusnya kita mendukung kaum disabilitas untuk bisa berkarya dan memotivasi mereka agar lebih semangat didalam menjalani kehidupanya.

Semoga sukses kontesnya kawan. :D

Inspirasi Kecilku mengatakan...

iya, kondisi mereka sekarang ini sangat tidak menguntungkan untuk berkembang maju.

di tengah kondisi seperti itu, sememstinya mereka mendapatkan perhatian penuh dari berbagai pihak, terutama orang2 di sekelilingnya agar dapat tumbuh dan berkembang lebih baik.

[L]ain mengatakan...

wah...menjauhi yang negatif karena takut tertular negatif. Asal bisa jaga diri kan nggak selalu bisa kebawa negatif.

Naskah Drama mengatakan...

Semngat kawan.....
seperti semangatnya Para Kawan kita yang mempunyai Disabilitas......

Puisi mengatakan...

Mereka juga sama memiliki hak sebagai WNI..........

21inchs mengatakan...

Speechless...

Tapi saya yakin banyak orang yg bersimpati thd mereka yg kurang beruntung ini, tapi sayangnya yg terekspose ke permukaan seringnya adalah sikap-sikap yg 'merugikan' mereka yg disable ini.

Inspirasi Kecilku mengatakan...

@[L]ain:

itulah realita yang ada saat ini. masyarakat cenderung tidak ingin ambil risiko terhadap kaum disabilitas yang ada disekitar mereka.

semoga kita bisa lebih peka dan peduli terhadap sesama.

Inspirasi Kecilku mengatakan...

@Naskah Drama:

iya, kita juga harus banyak membantu mereka yang sedang mengalami penderitaan agar memiliki kesamaan dan kesempatan meraih kesuksesan seperti kita yang masih normal.

Inspirasi Kecilku mengatakan...

@Puisi:

betul, sudah dijamin dalam UUD jika Tiap-tiap warga negara berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak bagi kemanusiaan.

mari kita lebih peka dan peduli lagi dengan keadaan di sekitar kita.

Inspirasi Kecilku mengatakan...

@21inchs:

saya pikir juga demikian. tapi melihat pada kenyataan yang ada, kaum disabilitas ini lebih banyak menerima kerugian dari sikap kita yang tidak simpatik kepada mereka.

Test Drive Mobil mengatakan...

memang mas,,, sangat ironi sekali jika kita melihat hal2 seperti itu,,,

Inspirasi Kecilku mengatakan...

semestinya kita harus terbuka dengan keadaan di sekitar kita.

allnone mengatakan...

harusnya negara melindungi n merawat kaum penderita disabilitas ini..

Inspirasi Kecilku mengatakan...

negara sudah melindungi, buktinya adalah dikeluarkannya sejumlah peraturan perundang-undangan tentang disabilitas.

tapi, semuanya menjadi ironi ketika aturan tersebut tidak dijalankan dengan baik.

pri crimbun mengatakan...

sebua diciptakan pada tempat dan gunanya.. kekurangan kita bisa mejadi ladang amal ibada bagi yang lain, begitu juga dengan kekurangan pada orang lain.. minimal pada tingkat kesyukuran,,, mari bersyukur atas apa yang ada pada diri kita sebab bisa jadi yang kita miliki sama sekali tak dianugrahkan pada orang lain,,,

sesulit apapun keadaan Insyaallah selalu ada solusi ...

salam sahabat,,,

Inspirasi Kecilku mengatakan...

selain banyak bersyukur untuk kepentingan diri sendiri, kita juga harus peduli dengan sesama. kewajiban kita tidak hanya vertikal kepadaNya saja, tetapi juga horizontal dberupa hubungan kemasyarakatan yang baik.

mari kita peduli dengan sesama. saling berbagi dan mengerti dengan keadaan orang lain dan kaum disabilitas. mereka sangat perlu bantuan kita untuk maju.

Nurmayanti Zain mengatakan...

bahasannya rumit +__+

hampir2 aku tak mengerti ^^

ini kontes yaa?

semoga menang~

Inspirasi Kecilku mengatakan...

iya, ini artikel yang saya buat untuk mengikuti sebuah kontes. yuk ikut, biar kontesnya semakin ramai dan kampanye disabilitas dan cara pandang masyarakat ini bisa tersebar luas ke masyarakat. :)

Della mengatakan...

Setiap anak adalah istimewa, bagaimanapun keadaan mereka. Makanya, salut banget pada orang tua yang dianugerahi anak-anak disabel dan bersabar.
Sukses ya kontesnya dan semoga kartunet makin banyak dikenal orang ^_^

gaelby mengatakan...

Kaum disabilitas adalah kaum spesial yg seyogyanya diperlakukan spesial. Ini adalah salah satu bentuk kasih sayang Sang Pencipta bukan untuk disesali ataupun dicampakkan.
Sukses buat kontesnya, salam sobat :)

Inspirasi Kecilku mengatakan...

@Della:

ikutan juga yuk. semoga kartunet bisa tetap eksis dan banyak dikenal masyarakat sebagi situs yang menyediakan informasi serta media aspirasi dalam berdiskusi masalah disabilitas.

Inspirasi Kecilku mengatakan...

@gaelby:

betul sekali. kita tidak berhak menyingkirkan keberadaan mereka karena alasan apapun.

yang perlu kita lakukan adalah mendekatinya, menghiburnya, mendukungnya, menyemangatinya, mengajarinya, dan mendoakannya agar dapat berkreasi lebih baik seperti halnya kita yang masih normal agar mereka juga dapat merasakan kebanggan hidup di tengah2 kita semua.

dunia otan mengatakan...

panjang banget postnya dan tentunya membuka pikiran kita semua

Ami mengatakan...

hmmm.... agak mikir postingannya. kebetulan di sekolahku aku juga mengasuh anak berkebutuhan khusus. ijin follow ya

adetruna mengatakan...

syukuri kondisi kita yg diberi takdir hidup normal dgn cara membantu mrk yg disabilitas...

Tips dan Triks Blog mengatakan...

Amiin, semoga tercipta tatanan hidup yang saling mendampingi satu sama lain dalam perdamaian bukan permusuhan...

Elfira Zulisti mengatakan...

huaa berat ni bahasan nya,, hhehe,,
Sukses yaa,,, ^_^

anime lover mengatakan...

Kunjungan balik y gan ^^
Thx infonya

http://4share-information.blogspot.com

Salam blogger Indonesia
Jangan lupa komentarnya ^^
Lebih baik saling menyapa sesama blogger Indonesia

jangan lupa follow jga ^^
( bila berkenan )
Atau subscribe
Pastinya akan saya foll back / subscribe back

r10 mengatakan...

pelayanan/fasilitas umum untuk disabilitas sangat mengecewakan, saya yang seorang pengguna Alat Bantu Dengar akan sangat terbantu bila berbagai informasi dapat juga dibaca (bukan hanya didengar)

karena bagi pemakai ABD mendengar itu sulit

al kahfi mengatakan...

pemikiran yg keren sob,,peduli terhadap kaum yg berkekurangan pisik,, nice share..

anime lover mengatakan...

Kunjungan balik y gan ^^
Thx infonya

http://4share-information.blogspot.com

Salam blogger Indonesia
Jangan lupa komentarnya ^^
Lebih baik saling menyapa sesama blogger Indonesia

jangan lupa follow jga ^^
( bila berkenan )
Atau subscribe
Pastinya akan saya foll back / subscribe back

KlikNesia mengatakan...

Bacaan yang menarik sob..
jarang2 blogwalking nemu yang beginian :D

Outbound Malang mengatakan...

berkunjung sob..sukses selalu yah
salam kenal :)

Inspirasi Kecilku mengatakan...

@dunia otan:

semoga masyarakat bisa cepat terbuka pemikirannya untuk dapat menerima kehadiran kaum disabilitas di sekitarnya.

sehingga dengan demikian diharapkan akan muncul keserasian dan keharmonisan bermasyarakat.

Inspirasi Kecilku mengatakan...

@Ami:

silakan difollow. :)

memang dalam dunia pendidikan seharusnya tidak ada perbedaan untuk kaum disabilitas. pihak sekolah seharusnya memfasilitasi karena ini sudah dijamin oleh UU.

Inspirasi Kecilku mengatakan...

@adetruna:

betul bro, semoga pemikiran kita ini juga diikuti oleh banyak rekan2 kita diluar sana untuk lebih peduli lagi dengan kehidupan kaum disabilitas yang sangat membutuhkan bantuan kita untuk berkembang maju.

Inspirasi Kecilku mengatakan...

@Tips dan Triks Blog:

kuncinya saling menghargai. jangan sampai dengan keterbatasan mereka, kita justru seenaknya menyingkirkan kehidupan dan mimpi2 kaum disabilitas.

Inspirasi Kecilku mengatakan...

@Elfira Zulisti:

trims atas dukungannya. ikutan kontes ini juga yuk. :)
mari sebarkan info tentang kepedulian kita dan masyarakat luas kepada kaum disabilitas.

Inspirasi Kecilku mengatakan...

@anime lover:

trims untuk kunjungannya.

Inspirasi Kecilku mengatakan...

@r10:

buruknya perhatian masyarakat mencerminkan ketidakpedulian mereka terhadap kaum disabilitas.

butuh upaya dan usaha keras oleh kita semua dalam mengembalikan pandangan yang benar dari masyarakat kepada kaum disabilitas ini agar tidak ada lagi kesenjangan dan diskriminasi dalam rangka mewujudkan hidup yang saling berbagi dan memahami.

Inspirasi Kecilku mengatakan...

@al kahfi:

tidak hanya sekadar peduli bro, tapi kita juga harus bergerak pasti dalam membantu dan meningkatkan kemampuan kaum disabilitas agar mereka juga bisa merasakan indahnya hidup layaknya kita yang masih normal.

mari kita bersikap peduli! :)

Inspirasi Kecilku mengatakan...

@anime lover:

trims untuk kunjungannya. :)

Inspirasi Kecilku mengatakan...

@KlikNesia:

jangan hanya dibaca, tapi dipraktikan juga ya. :D
ayo kita bantu rekan2 kita yang disabilitas agar kembali menemukan gairah hidupnya sehingga dapat mengisi hari2nya dengan keceriaan dan kebahagiaan seperti kita yang masih normal. :)

Inspirasi Kecilku mengatakan...

@Outbound Malang:

salam kenal juga.
trims ya sudah berkunjung di blog ini.

Sidenim mengatakan...

Betul,, setuju saya

Inspirasi Kecilku mengatakan...

trims ya sudah berkunjung.
ayo kita usahakan untuk lebih peduli lagi dengan kaum disabilitas di sekitar kita.
kita bantu agar mereka lebih bergairah lagi ya menjalani hidup ini. :)

AJe mengatakan...

orang tua yg punya anak menyandang disabilitas kdang juga suka membeda-bedakan dg anaknya yg normal.

Inspirasi Kecilku mengatakan...

karena itu, marilah kita berbenah untuk menjadi manusia yang baik dengan peduli terhadap sesama. biarpun mereka kekurangan, kita tidak boleh merendahkannya. justru kita wajib membantunya agar mereka bisa tetap semangat dalam menjalani hidup. :)

Bintang mengatakan...

Pencerahan yang menarik, trima kasih ya sudah diingatkan kembali...salam kenal :)

Miawruu mengatakan...

semoga undang2 ttg kaum disabilitas benar-benar bisa diterapkan, jgn cuma hanya sekedar teori aja :)

Rayto mengatakan...

terlepas dari kekurangannya, kaum disabilitas tetap mempunyai hak2 kemanusiaan. Cuma dg keadaan mereka yg memang harus diistimewakan sesuai dg kondisinya.

rusydi hikmawan mengatakan...

disabiliti-ketidakmampuan kayaknya udah gak cocok disandang ama orang2 cacat. soalnya orang cacat udah banyak yg bisa melebih orang normal. maen gitar, nyetr mobil, ngelukis, dll. beny pernah ikut lomba nulis esay ya? kyaknya pernah denger nama ini

Inspirasi Kecilku mengatakan...

@Bintang:

ayo kita gerakan lagi sikap untuk peduli dengan kaum disabilitas. :)

Inspirasi Kecilku mengatakan...

@Miawruu:

betul, karena inilah yang paling penting untuk dilakukan agar masyarakat itu tahu jika sebenarnya kepedulian terhadap kaum disabilitas ini mendapatkan jaminan hukum dari pemerintah.

Inspirasi Kecilku mengatakan...

@Rayto:

peran serta masyarakat sangat dibutuhkan sekali di sini.
jangan hanya memandang sebelah mata terhadap kaum disabilitas. tetapi, kita juga harus bisa membantu mereka agar lebih berprestasi seperti kita.

Inspirasi Kecilku mengatakan...

@rusydi hikmawan:

itu bagi sebagian kaum disabilitas saja yang beruntung karena mendapatkan perhatian lebih. tapi, pada kenyataannya sebagian besar perlakuan masyarakat terhadap kaum disabilitas ini sangat buruk.

bisa dibayangkan bukan potensi yang tidak bisa digali dari kaum disabilitas ini jika mereka masih saja kurang mendapatkan perhatian dari kita untuk berkembang.

Annesya mengatakan...

setuju dengan pemikiranmu. disabilitas adalah kaum yang layak diperhatikan sebagai bagian dari masyarakat yang terlahir "spesial". maka mereka harus diberi perhatian yang "spesial" pula :)

Spesifikasi dan harga samsung galaxy Young S5360 mengatakan...

semoga suksessssss

suhermanto mengatakan...

mantap gan artikelnya, menarik sekali. salam kenal

Inspirasi Kecilku mengatakan...

@Annesya:

analogi yang bagus. :)
ayo kita jangan berpangku tangan saja melihat rekan2 kita yang sedang kesulitan berjuang meraih impiannya! mari kita juga membantu mereka.

Inspirasi Kecilku mengatakan...

@Spesifikasi dan harga samsung galaxy Young S5360:

iya bro, ayo ikutan juga. :)

Inspirasi Kecilku mengatakan...

@suhermanto:

trims untuk apresiasinya.
ayo kita dukung juga kaum disabilitas untuk keluar dari kesulitan mereka. :)

Fahrie Sadah mengatakan...

Mereka butuh perhatian kita...

Dokter Gigi Gaul mengatakan...

semoga semua harapan yang baik bisa terkabul.. Aamiin..

Afiani Gobel | Pena Cinta mengatakan...

Semoga wujud masyarakat inklusi..

Sukses yaa.. :)

socafahreza's blog mengatakan...

menurut saya hendaknya kita tetap menghargai mereka dan tidak mengucilkan mereka..
toh mereka juga manusia..
btw ditunggu ya followback nya :)

Said Arsyad mengatakan...

perlu adanya penyuluhan psikologi anak disabilitas nihh..

syam mengatakan...

mantap...inspiratif...setelah baca postingan ini saya jadi tahu apa itu disabilitasdan bagaimana seharusnya bersikap kepada mereka...sukses untuk blog ini...

zone mengatakan...

wew nice posting....
panjang banget....


ijin follow...
kalau berkenan follow balik ya...
:)

Disabilitas dan Pandangan Masyarakat mengatakan...

Blognya ringan gan, salam kenal aja ane muslih21,, dan maju terus kontesnya

Berbagi Ilmu Pengetahuan mengatakan...

Blog'e Cah Nganjuk mensupport blog agan agar trs berkarya...keep write gan biar cpt dpt pr dr google :)

Inspirasi Kecilku mengatakan...

@Fahrie Sadah:

betul, ayo kita dukung keberadaan mereka. :D
jangan pernah berhenti untuk berbagi.

Inspirasi Kecilku mengatakan...

@Dokter Gigi Gaul:

amin amin..
semoga para kaum disabilitas bisa diberikan ketabahan dan kekuatan dalam menjalani hidupnya.

Inspirasi Kecilku mengatakan...

@Afiani Gobel | Pena Cinta:

ini yang paling penting. mewujudkan sebuah mayarakat inklusi yang tidak pernah memandang beda kaum di sisinya. kita support mereka yang kekurangan dengan kelebihan kita. :)

Inspirasi Kecilku mengatakan...

@socafahreza's blog:

iya bro. kita juga perlu tindakan nyata untuk merealisasikan semua itu agar mereka tidak merasa dipinggirkan, diasingkan, dipojokan, dan dianggap sebagai sesuatu yang "tidak berguna!"

Inspirasi Kecilku mengatakan...

@Said Arsyad:

iya. aturan perundang2annya sudah ada, tinggal sosialisasi saja kepada masyarakat agar mereka lebih mengenal dan peka terhadap kaum disabilitas.

Inspirasi Kecilku mengatakan...

@syam:

trims bro.
ayo kita dukung mereka dan jangan sampai kita menyianyiakan kehadiran mereka di sekitar kita.
saling berbagi itu indah. :)

Inspirasi Kecilku mengatakan...

@zone:

silakan bro. nanti secepatnya saja follow balik. :)

Inspirasi Kecilku mengatakan...

@Disabilitas dan Pandangan Masyarakat:

trims juga untuk supportnya.
mari kita maju bersama dalam setiap hal! :D

Inspirasi Kecilku mengatakan...

@Berbagi Ilmu Pengetahuan:

trims bro. didoakan saja biar blog ini cepat mendapatkan pagerank yang bagus. amin.. :)

muslih21 mengatakan...

Informasi kontesnya makin mantap aja gan, seru-serun yuk di Curhat Pengalaman – Disabilitas dan Pandangan Masyarakat.

Inspirasi Kecilku mengatakan...

trims sudah berkunjung ya bro. :)

iam mengatakan...

Iya, ironi memang.
Dikampus saya ada mahasiswa penyandang cacat, Tapi alhamdulillahnya temen2 kampusnya sepertinya tidak memandang aneh kepada dia :)

Inspirasi Kecilku mengatakan...

@iam:

itu contoh yang bagus dalam membentuk mental masyarakat inklusif di antara kita. :)

Muslih21 mengatakan...

Terima kasih informasinya, blognya ringan gan.. ayo galakan kepedulian masyarakat terhadap para penyandang cacat di Indonesia.

Pernahkah anda merasa betapa kasihannya para penyandang cacat di Indonesia?.

Bagaimana tanggapan keras anda mewujudkan Indonesia akan hak para orang cacat Disabilitas dan Pandangan Masyarakat untuk sekarang ini?

firman way mengatakan...

tetap semangat,,
dan optimislah,...

Inspirasi Kecilku mengatakan...

betul.
jangan sampai mereka kehilangan harapan karena kekurangannya. :)

ilhamsk mengatakan...

benar2 menginspirasi, seperti judul blognya, inspirasi keciku. sukses kontenya gan

Inspirasi Kecilku mengatakan...

trims ya bro. :)
ayo ikut kontes ini juga untuk mengkampanyekan kepedulian kita terhadap kaum disabilitas.

Disabilitas dan Pandangan Masyarakat mengatakan...

Blognya makin rame aja gan, sukse untuk kontsnya, mari sama2 semangat, ane muviblogiztic

Inspirasi Kecilku mengatakan...

trims usdah berkunjung bro.
sukses untuk semuanya! :)

ilhamsk mengatakan...

selamat gan, masuk urutan 50 teratas kontes kartunet.
good luck yah! :)

Inspirasi Kecilku mengatakan...

iya bro, trims untuk apresiasinya. :)
mari kita berjuang bersama.

Nunna Yuli mengatakan...

Hebat sekali tulisannya. Salam kenal ya :)
Tapi bukankah sudah banyak yang mmbahas mengenai diskriminasi pada kaum disabilitas? Menurut saya, alahkah lebih baik jika kita para penulis lebih mengulas mengenai spesifiknya seperti need of echievement bagi penyandang disabilitas, mksdnya ini brrti kita mmperlihatkan secara nyata bahwa kenyataannya org2 disabilitas menginginkan dukungan mengenai kebutuhan untuk berkarya/berprestasi. Lebih2 beberapa karya dari mereka bahkan sudah ada yang menghasilkan. Ini brrti kita menghantarkan kemajuan bagi para disabilitas untuk disaksikan oleh masyarakat bahwa disabilitas itu sama. Sehingga dengan adanya topik seperti ini akan membangkitkan bagi para disabilitas lain yg msih trpaku dgn kekurangan mreka.

Eric Lau mengatakan...

http://dailyjetso.com.hk

Anonim mengatakan...

ijin copas utk tugas :)

Poskan Komentar

 

Daftar Blog Saya

  • Banjir di Mijen Demak - Aneh, rumahku jauh dari kali dan sungai yang besar, tetapi tetap kebanjiran. Bukan hanya itu, banjirnya ini juga lama dan berulang sampai dua kali dari tan...
    11 bulan yang lalu

Komentar Terbaru

Pengikut