HARI RAYA IDUL ADHA

Diposting oleh Inspirasi Kecilku on Jumat, 27 November 2009

Idul Adha adalah salah satu hari raya umat muslim.
Idul Adha merupakan hari raya umat muslim yang jatuh pada tanggal 10 Dzulhijah, dan selalu diperingati dengan meriah oleh seluruh umat muslim di dunia.

Idul Adha memberikan gambaran kepada kita semua umat muslim akan pentingnya rasa berbagi dengan sesama. Hal ini ditunjukan dengan adanya proses penyembelihan hewan kurban pada setiap hari raya Idul Adha.

Dengan adanya proses penyembelihan hewan kurban ini, tentunya dapat meningkatkan rasa keimanan kita kepada Allah SWT serta rasa kepedulian kita kepada sesama yang ditunjukan dengan pembagian hasil penyembelihan hewan kurban.

Hari raya Idul Adha sendiri bermula ketika Nabi Ibrahim hendak menyembelih putera semata wayangnya Nabi Ismail. Proses ini bermula ketika Allah SWT menguji dengan mengutuskan lewat mimpi kepada Nabi Ibrahim untuk menyembelih puteranya. Hal ini membuat Nabi Ibrahim bingung, apakah ia memutuskan untuk menyembelih puteranya atau tidak.

Namun, karena tingginya rasa ketakwaan Nabi Ibrahim, maka beliau pun menjalankan perintah Allah SWT yang terasa sangat berat dengan penuh keikhlasan. Lalu, ketika Nabi Ibrahim hendak menyembelih Nabi Ismail, atas kuasa Allah SWT dengan hebatnya seketika Nabi Ismail digantikan posisinya oleh seekor domba.

Hal tersebut menunjukan adanya rasa ketakwaan yang begitu besar dari Nabi Ibrahim kepada Allah SWT. Dan dengan demikian, ada hikmah yang begitu besar untuk dapat kita ambil dari pelaksanaan hari raya Idul Adha ini.

Adapun hikmah tersebut adalah bahwa kita harus senantiasa menjaga rasa keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah SWT, serta menjaga rasa kebersamaan kita kepada sesama manusia.

Semoga dengan adanya pelaksanaan hari raya Idul Adha ini dapat memberikan hikmah yang begitu bermanfaat bagi kehidupan kita semua umat muslim yang dirahmati dan diridhoi Allah SWT.


{ 0 komentar... Baca atau Berikan Komentar }

Posting Komentar

 

Daftar Blog Saya

Komentar Terbaru

Pengikut