MENGALAH UNTUK MENANG

Diposting oleh Inspirasi Kecilku on Sabtu, 30 Oktober 2010

hidup ini penuh dengan tantangan.
setiap detik dalam kita menjalani hidup pastilah tidak akan terlepas dari masalah yang menyertainya.
memang menjadi sebuah hal yang biasa, tetapi menjadi hal yang akan sangat sulit jika kita tidak terbiasa untuk menyikapinya.

saat kita dirundung sebuah masalah, adakalnya kita merasa semangat atau bahkan kejenuhan dalam diri kita untuk menyelesaikan masalah tersebut. intinya adalah semua pembawaan tersebut atau mood yang muncul itu berawal dari dalam diri kita. yang perlu kita lakukan hanyalah bagaimana kita dapat memposisikan diri kita sebagai pemenang dalam menyelesaikan masalah yang muncul dalam hidup kita.
awalnya memang sulit menjalaninya mengingat kita yang tidak terbiasa karenanya. akan tetapi jika kita mau berusaha untuk membiasakannya, sepertinya tidak ada hal yang tidak mungkin untuk kita jalani.

apakah dengan memposisikan diri kita sebagai pemenang dalam menyelesaikan masalah adalah kunci kemenangan kita dalam menyelesaikan masalah ?
jawabannya adalah tidak.
poin pentingnya justru terletak pada proses pelaksanaannya.
dalam menjalani penyelesaian sebuah masalah kita dituntut untuk bersikap sabar, cermat, dan sigap dalam menganalisis dan mencari jawaban atas penyelesaian masalah kita.
intinya adalah semua itu bermuara pada sikap kita yang dituntut guna mengalah untuk menang.
bukan menjadi sebuah kekhawatiran jika kita harus kalah dengan masalah-masalah kita pada awal-awalnya. bukan karena belum siap atau karena hal-hal yang menunjukan kita lemah karena masalah kita tersebut, melainkan lebih karena kita sengaja sedikit mengalah dengan masalah kita.

mengapa haruslah demikian ?
alasannya cukup sederhana, yaitu agar kita terhindar dari kemunculan masalah-masalah baru yang lebih besar.
hal ini mungkin saja terjadi mengingat kadang kala kita menemui sebuah masalah yang bersifa sistemik dimana masalah tersebut saling berkaitan dengan masalah-masalah yang lain.

contoh sederhananya adalah jika kita dihina oleh seseorang.
masalahnya di sini adalah saat kita dihina orang, kita tentu akan merasa sangat terendahkan harga diri kita bukan ?
lalu, bagaimana cara menyelesaikannya ?
berpikirlah jika kita adalah pemenang dalam kemunculan masalah ini. lakukan penyelesaian masalah layaknya seorang pemenang mencari kunci kemenangannya. temukan jawaban-jawaban logis mengapa kita sampai dihina oleh orang tersebut.
selain itu, penting juga bagi kita guna bersikap mengalah untuk menang. kita tidak perlu membalas secara langsung perlakuan orang tersebut. yang perlu kita lakukan adalah memaafkannya serta mendoakannya. bagaimana jadinya jika kita terbawa arus emosi dengan melakukan tindakan pembalasan secara langsung kepada orang tersebut ? tentunya akan dapat memunculkan masalah yang baru bukan ?

nah, untuk itu mengalah lah untuk menang.
gunakanlah potensi apa saja yang kita miliki untuk menyelesaikan masalah kita, meski kita harus rela untuk mengalah di depan untuk mendapatkan kemenangannya di akhir tujuan.
sesungguhnya bukan kemenangan sesaat yang kita cari, melainkan kemenangan sejati yang dapat menuntaskan sebuah permasalahan yang sedang kita hadapi.

{ 0 komentar... Baca atau Berikan Komentar }

Posting Komentar

 

Daftar Blog Saya

Komentar Terbaru

Pengikut