BEBERAPA MASALAH SERTA USAHA PENYELAMATAN SAAT MELETUSNYA GUNUNG BERAPI

Diposting oleh Inspirasi Kecilku on Jumat, 12 November 2010

meletusnya gunung berapi merupakan salah satu bencana alam yang menakutkan bagi semua manusia.
bagaimana tidak, berdasarkan pada penelitian yang ada diketahui jika meletusnya gunung berapi adalah satu-satunya faktor penting yang mampu melenyapkan peradaban umat manusia.

saat terjadi letusan, gunung berapi mampu memuntahkan sejumlah material berupa gas dan abu vulkanik panas ke udara hingga mampu mencapai ketinggian 20 km dalam waktu kurang dari sepuluh menit. adapun abu vulkanik ini terbentuk dengan susunan yang tidak teratur, tajam, dan bergerigi yang membuatnya bersifat menghancurkan. diketahui pula jika abu vulkanik ini terkandung bahan silika, yang diindikasi sebagai semacam bahan pembuat kaca yang tentunya akan sangat berbahaya sekali apabila terhirup dan masuk kedalam tubuh kita.
setelah abu vulkanik ini terlempar ke udara, penyebarannya pun akan cepat terdistribusi ke tempat-tempat di sekitar meletusnya gunung berapi tersebut. karena dengan bantuan angin, abu vulkanik yang memiliki panas hingga 800 derajat celcius ini mampu bergerak dalm kecepatan 100 km/jam hingga radius 20 km dari pusat letusan.
sungguh sebuah hal yang tentunya berbahaya bagi penduduk sekitar bukan?

untuk itu, diperlukan beberapa usaha penyelamatan agar saat terjadi letusan gunung berapi tidak menimbulkan akibat buruk bagi kita.

1. mencari informasi tentang zona aman dari letusan gunung berapi.
2. pahamilah rute evakuasi menuju ke tempat pengungsian.
3. patuhi instruksi pemerintah jika terdapat perintah untuk segera melakukan evakuasi.
4. persiapan terlebih dahulu barang-barang yang diperlukan sebelum dilakukannnya evakuasi bencana alam.
5. sebaiknya tunggu dulu sampai keadaan benar-benar aman dan memungkinkan untuk kembali ke rumah masing-masing, setelah mendapatkan kepastian informasi dari pihak yang berkompeten.
6. usahakan memakai masker agar terlindung dari abu vulkanik.
7. pantau terus perkembangan aktivitas gunung berapi yang sedang meletus agar kita memperoleh informasi yang aktual sehingga dapat bermanfaat bagi kita dalam mengambil keputusan untuk tindakan selanjutnya.
8. berdoa agar musibah meletusnya gunung berapi cepat selesai dan tidak memakan banyak korban jiwa.

perlu untuk diketahui juga jika terdapat beberapa permasalahan yang biasanya muncul saat proses pengungsian berlangsung. seperti adanya beberapa pihak yang enggan untuk diungsikan karena beberapa alasan seperti rumah, harta benda, ternak dan anggapan pribadi yang mereka yakini kebenarannya.
selain itu, saat dalam masa pengungsian pun para pengungsi tidak akan lepas begitu saja dari masalah.

1. kecemasan mengenai harta benda seperti rumah dan ternak.
2. potensi terkena penyakit seperti ispa, gatal-gatal, iritasi, dsb.
3. kurangnya sarana dan prasarana.
4. kurangnya bahan makanan pokok.
4. terhambatanya segala aktivitas.
5. rasa kegelisahan dan ketidaknyamanan selama berada dalam tempat pengungsian.

semua itu merupakan segelintir bentuk permasalahan yang kerap kali muncul dalam pengungsian korban bencana alam meletusnya gunung berapi.
hal inilah yang menjadi tanggung jawab kita bersama untuk memikirkan solusinya bagaimana agar permasalahan tersebut segera teratasi dengan baik sehingga dengan kemunculan bencana gunung berapi sekali pun tidak akan membawa dampak buruk yang begitu signifikan bagi masyarakat.
tetap berusaha dan berdoa.

{ 0 komentar... Baca atau Berikan Komentar }

Posting Komentar

 

Daftar Blog Saya

Komentar Terbaru

Pengikut