FLU DAN CARA MENCEGAHNYA

Diposting oleh Inspirasi Kecilku on Selasa, 30 November 2010

flu adalah salah satu penyakit yang familiar bagi kita. hampir semua orang pernah merasakan betapa menjengkelkannya mengidap penyakit ini. meski terbilang penyakit menular yang tidak berbahaya, tapi terkadang kemunculan penyakit flu pada diri kita dapat menimbulkan berbagai kesan tidak menyenangkan yang pada akhirnya dapat menggangu aktivitas kita sehari-hari. hidung mampet, kepala pusing dan ingus yang meler-meler adalah contoh kecil gangguan yang ditimbulkannya.
akan tetapi, karena pengaruh buruknya yang tidak begitu signifikan dalam diri kita membuat flu yang menyerang telah dianggap sebagai penyakit yang biasa saja dan tidak terlalu membahayakan. padahal keberadaan flu ini sangat menggangu bukan?
karena itu, ada baiknya jika kita mulai sedikit lebih perhatian dalam mengurusi penyakit yang satu ini agar diri kita lebih terminimalisir untuk terjangkit flu.

penyakit flu atau common cold ditimbulkan oleh virus influenza. flu merupakan jenis penyakit menular, bahkan flu dapat menular walaupun penderitanya belum menampakan tanda-tanda terkena flu. hal ini dikarenakan virus influenza sudah memiliki periode inkubasi saat sudah masuk ke dalam tubuh. selama masa inkubasi, virus akan masuk ke dalam sel-sel sehat dan mengganggu keberlangsungan hidupnya dari dalam. saat sel mulai terinfeksi, biasanya belum menunjukan gejala apapun. kemudian, virus ini akan mulai menyebar ke seluruh tubuh dan mulailah timbul gejala-gejala seperti sakit tenggorkan, pusing, dan badan terasa tidak enak (meriang).
periode penularan flu ini berlangsung selama 5-7 hari bagi orang dewasa dan bisa hingga dua minggu untuk anak-anak.

untuk mengobatinya, langkah sederhana yang dapat kita lakukan adalah dengan minum banyak cairan seperti air putih, jus, dsb. meskipun demikian, penyakit flu ini tergolong self limiting disease yang artinya dapat sembuh dengan sendirinya. proses pengobatan hanya diberikan untuk gejala flu yang cukup parah. sedangkan untuk flu ringan, maka secara alami sistem kekebalan tubuh akan memberikan perlawanan kepada virus.
ada beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk membantu memperbaiki sistem kekebalan tubuh ini, seperti ;

1. sarapan.
jika bangun tidur dalam keadaan yang kurang fit, jangan pernah lewatkan untuk sarapan terlebih dahulu. karena sarapan sebanyak 1.200 kalori mampu meningkatkan kadar gama interferon dalam tubuh sebanyak 450 kali lipat. senyawa tersebut merupakan senyawa antivirus alami dalam tubuh yang berguna untuk menangkal serangan flu.

2. menyibukan diri.
stres yang berkepanjangan memang tidak baik bagi kesehatan tubuh, tetapi faktanya adalah penelitian menyimpulkan jika stres dengan jangka waktu pendek (kurang dari setengah hari) mampu untuk melawan flu. karena, biasakan untuk menyibukan diri dengan hal-hal yang bermanfaat tetapi tetap terkendali pengaturannya.

3. minum kopi dan teh hijau.
selain nikmat dan membuat tubuh menjadi rileks, meminum kopi dan teh hijau juga ternyata berkhasiat untuk melawan virus influenza. karena dalam minuman tersebut terkandung epigallocatechin gallate (EGCG), yang berkhasiat untuk mematikan virus.

4. istirahat yang cukup.
idealnya jam tidur seseorang adalah 7-8 jam perhari. jika jam tidur seseorang berkurang 40%-50% akan membuat sistem imun menurun. hal lain yang juga dapat menurunkan sistem imun tubuh adalah dengan memaksakan tidur dengan meminum alkohol terlebih dahulu. sebaiknya gunakan pakaian tidur yang agak longgar agar peredaran darah menjadi lancar dan tidurpun akan terasa lebih nyaman.

5. tetap lakukan aktivitas ringan.
jangan pernah untuk tidak melakukan aktivitas apapun dalam sehari, karena hal itu akan membuat tubuh menjadi rentan terhadap berbagai penyakit. sebagai solusinya, jika kita memang tidak memiliki aktivitas apapun maka cobalah untuk mencari hal yang dapat membuat kita melakukan aktivitas ringan dan tidak terlalu berat. sebab, saat kita melakukan aktivitas tersebut akan membuat tubuh memproduksi sel darah putih yang mampu untuk melawan infeksi virus maupun bakteri yang masuk ke dalam tubuh.

selain dengan cara menjaga sistem imunitas dalam tubuh kita, masih ada banyak lagi cara yang dapat kita lakukan untuk mencegah munculnya penyakit flu pada diri kita. kita juga dapat mengkonsumsi beberapa jenis atau kategori makanan yang menurut penelitian telah terbukti mampu untuk mencegah dan meredakan flu, seperti ;

1. minuman hangat.
minuman yang hangat berkhasiat untuk meredakan hidung tersumbat dan gangguan pernafasan terkait dengan flu. cairan hangat ini mampu melonggarkan lendir serta menghalau virus dari sel-sel tubuh. contohnya kita dapat mengkonsumsi sup, kaldu, dan teh hangat saat terkena flu.

2. cabai rawit.
ada ungkapan jawa yang mengatakan jika "rujak uleg, rujake wong lara pilek." (rujak ulek itu rujaknya orang sakit pilek)
ungkapan itu ada benarnya mengingat komposisi bumbu rujak itu sendiri terdapat banyak cabai rawit yang membuatnya pedas. cabai rawit ini terbukti mampu membantu meringankan gejala flu dan pilek. karena capsaicin yang terdapat di cabai rawit merupakan senyawa kimia yang dapat membantu meningkatkan sirkulasi, memberikan nutrisi dan vitamin untuk sel yang terinfeksi. panas capsaicin juga mampu mengurangi sumbatan di dada dan rongga hidup dengan keluarnya ingus saat kita makan cabai rawit yang pedas.

3. jahe.
secara umum, jahe mengandung senyawa yang mampu menghancurkan virus influenza dan dan bermanfaat dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita. jahe juga mendukung produksi senyawa antibakteri dan antivirus alami.

4. zinc.
saat terkena flu, kita juga dianjurkan untuk makan makanan yang banyak mengandung zinc seperti kacang, buncis, makanan laut, daging merah, dan kedelai karena mampu untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi gejala pilek dan flu.

5. bawang putih.
senyawa yang terkandung dalam bawang putih sangat bermanfaat dalam menawarkan sifat antibiotik yang kuat dan juga antivirus. manfaat lainnya dari bawang putih seperti dapat meningkatkan kemampuan tubuh menghancurkan virus pilek dan flu, meningkatkan sirkulasi, membantu sistem peredaran darah, serta memberikan nutrisi penting, oksigen, dan hidrasi pada sel-sel tubuh.

6. hindari makan manis dan susu.
makanan manis yang mengandung banyak gula seperti cake, permen, dan kue dapat mencegah tubuh mengatasi hidung tersumbat. gula dapat membuat lendir dapat bertahan lebih lama di saluran pernafasan karena lingkungannya yang hangat dan lembab, sehingga menyediakan tempat yang nyaman bagi virus.
selain itu, susu juga dapat menyebabkan lendir di paru-paru dan sinus bertahan lebih lama hingga membuat flu menjadi lebih parah. ganti susu dengan air atau jus buah segar sampai flu kita benar-benar sembuh. setelah flu sembuh pun kita dianjurkan untuk tetap puasa minum susu terlebih dahulu selam beberapa minggu agar paru-paru kita pilih sempurna.

penyakit flu memang kebanyakan dapat sembuh sendiri tanpa pengobatan dari kita. meski demikian, akan lebih baik jika kita berusaha untuk menangani flu ini agar cepat sembuh dan tidak berkembang semakin parah hingga dapat tidak memicu munculnya penyakit-penyakit lain yang membutuhkan perawatan lebih serius.
hindari kontak langsung dengan kerabat terdekat kita agar flu tidak menular. gunakan masker saat kita sedang flu.
lakukan aktivitas-aktivitas yang mampu mempercepat proses penyembuhan flu agar kita dapat segera beraktivitas kembali secara normal.

{ 1 komentar... Baca atau Berikan Komentar }

ireal mengatakan...

bagus banget artikelx gan :-D , kbetulan nih lg musim hujan, td aja ane ngabisin 2 pil procold :-D .

Posting Komentar

 

Daftar Blog Saya

Komentar Terbaru

Pengikut