KIAT MENINGKATKAN AMALAN SEDEKAH

Diposting oleh Inspirasi Kecilku on Selasa, 23 November 2010

sedekah merupakan salah satu amalan yang dianjurkan untuk dikerjakan bagi umat muslim mengingat besarnya manfaatnya.
jika kita mengetahui apa sebenarnya keajaiban yang ditimbulkan dibalik sedekah, pasti kita akan semakin terpacu untuk berlomba-lomba meningkatkan amalan sedekah kita.
sedekah adalah perbuatan yang mulia, karena selain memberikan manfaat kepada diri sendiri bentuk sedekah materiil juga akan memberikan manfaat yang besar bagi orang yang menerimanya.

lalu, bagaimana kiatnya agar kita senantiasa bersedekah bahkan kualitas sedekah kita semakin baik dari waktu ke waktu?
sederhana, tanamkanlah keyakinan, niat yang tulus, serta motivasi yang tinggi saat kita hendak bersedekah.
hal-hal yang dapat kita lakukan untuk meningkatkan amalan sedekah kita antara lain;

1. tidak perlu menunggu ikhlas dan biasakan diri untuk bersedekah.
jika kita termasuk kategori orang-orang yang sulit untuk bersedekah, maka lakukanlah kebiasaan untuk bersedekah. tidak perlu diiringi dulu dengan niat yang ikhlas pada awal mulanya, tapi cukup lakukan saja kegiatan bersedekah ini sebagai rutinitas sehari-hari. jika kita tidak terbiasa untuk bersedekah dan cenderung menunggu sedekah sampai muncul keikhlasan, lalu kapan lagi kita akan bersedekah?
bukankah dalam shalat itu juga menganjurkan kita untuk shalat dengan khusyuk? lalu, apakah kita akan menunggu untuk tidak akan shalat sampai kita mampu shalat dengan khusuk? tentu tidak bukan? begitu pula dengan sedekah. yang pada awalnya kita merasa tidak ikhlas saat memberikannya, seiring berjalannya waktu juga kita akan terbiasa dan sedikit demi sedikit mulai bersikap ikhlas dalam bersedekah.
kalaupun kita tidak ikhlas, setidaknya dengan kita bersedekah masih dapat membantu menyenangkan orang lain yang membutuhkan bukan?
yang pertama kali kita butuhkan adalah melakukan sedekah itu sendiri dan tidak menunda-nunda melakukannya.

2. pikirkan tentang keajaiban yang akan muncul setelah kita bersedekah.
sedekah dapat memunculkan beragam keajaiban bagi kita yang menjalaninya. dalam Al qur'an dijelaskan jika sedekah itu dapat menambah kekayaan yang balasan sedekah itu diibaratkan seperti menanam benih yang akan tumbuh tujuh tangkai, dan masing-masing tangkai itu akan ditumbuhi seratus bulir benih baru. sungguh balasan materiil yang luar biasa besarnya bukan?
beberapa manfaat lain yang dapat dirasakan seperti sedekah dapat menghindarkan manusia dari kematiaan yang menyakitkan, mendapatkan perlindungan Allah dari marabahaya, serta mengubah takdir manusia.
saat kita mengetahui besarnya manfaat yang ditimbulkan dari sedekah, maka hal itu akan semakin menambah motivasi kita untuk terus dan semakin terus meningkatkan sedekah kita.

3. perbaiki niat kita dalam bersedekah.
saat kita telah terbiasa dengan bersedekah, hal yang perlu kita lakukan adalah memperbaiki niat kita dalam bersedekah tersebut. jangan sampai sedekah kita selamanya menjadi sia-sia hanya karena kita tidak memiliki niat yang ikhlas saat mengerjakannya. berikan sugesti jika uang yang telah kita sedekahkan anggap saja sebagai uang hilang yang akan diganti Allah dikemudian hari dengan jumlah yang sangat besar.
niat ini sangat penting karena semua amal kebaikan selalu dimulai dan dinilai dengan niat. shalat, zakat, puasa, dan amalan-amalan kebaikan lainnya tidak akan dianggap sah tanpa disertai niat yang benar semata-mata hanya untuk mengharapkan keridhaan Allah swt.

4. ajak orang lain untuk ikut bersedekah.
jika kita telah terbisa untuk bersedekah secara ikhlas, jangan ragu lagi untuk mengajak sesama muslim dalam mengerjakan sedekah. sedekah dapat diibaratkan sebagai sebuah amalan kebaikan yang memiliki nilai sosial tinggi, karena manfaatnya tidak hanya dirasakan oleh diri kita sendiri tetapi juga orang sekitar yang menerima sedekah kita. semakin banyak kita bersedekah, maka manfaat sosial yang akan ditimbulkannya pun akan semakin besar. dengan demikian, ajaklah teman-teman disekitar kita untuk bersedekah agar tidak hanya diri kita saja yang merasakan nikmat tetapi juga orang lain, baik teman yang kita ajak sedekah tersebut maupun orang-orang yang menerima sedekah kita.
sehingga, hal tersebut juga sedikit banyak akan mempengaruhi kualitas kita dalam bersedekah. sedekah kita akan bertambah banyak dan niat kita dalam bersedekah pun akan semakin ikhlas.

5. anggap sedekah sebagai hal yang menyenangkan.
sesuatu yang dikerjakan atas dasar sebagai sebuah kebiasaan yang menyenangkan pasti akan selalu dikerjakan bahkan cenderung untuk mengalami peningkatan dalam intensitas pengerjaannya, begitu pula dengan bersedekah. semakin kita merasakan kesenangan dalam bersedekah, maka kuantitas dan kualitas sedekah kita pun akan semakin meningkat dengan sendirinya. jangan anggap sedekah sebagai sebuah beban yang memberatkan. jika kita memang tidak mampu untuk bersedekah secara materiil, kita juga masih dapat menjalankan sedekah dalam bentuk yang lainnya. seperti membaca tasbih, takbir, tahmid, tahlih, hingga berhubungan suami istri sampai mengerjalakan amar ma'ruf nahi mungkar.
jika bersedekah sudah menjadi rutinitas yang menyenangkan bagi kita, maka seterusnya sedekah pun akan menjadi bagian dari diri kita yang tak akan terpisahkan.

6. utamakan untuk bersedekah materiil.
meski sedekah itu wujudnya bermacam-macam, akan tetapi lebih baik bagi kita yang mampu untuk melakukan amalan sedekah materiil. dengan sedekah materiil tidak hanya bermanfaat bagi diri kita sendiri, tetapi juga orang yang menerima sedekah. bayangkan saja apa yang akan terjadi jika orang yang kelaparan hanya kita beri sedekah senyum? bahkan bayi yang baru lahir pun dapat melakukannya bukan? tentunya sedekah dalam bentuk materi lebih berarti karena dampaknya akan terasa kepada orang lain sehingga hal tersebut secara tidak langsung akan membawa kita pada sikap dermawan dan senantiasa berusaha untuk melakukan sedekah setiap saat.

7. sebisa mungkin alokasikan harta kita untuk bersedekah.
jika kita ingin masuk ke wc umum, kita diwajibkan untuk membayarkan sejumlah kepada pengelolanya. akan tetapi, pernahkah kita membandingkannya saat kita juga memasuki masjid? bahkan saat memasuki rumah Allah swt pun kita tidak memberikan sumbangan sedikitpun untuk masjid tersebut. jika kita mampu untuk mengalokasikan harta kita untuk kebutuhan duniawi, kenapa kita tidak bisa melakukan hal yang sama untuk sedekah? padahal di balik sedekah yang kita lakukan pasti tersembunyi beragam kejutan yang begitu besar bukan?
apabila kita mampu untuk menyisihkan sebagian harta kita untuk bersedekah tentu saja akan membuat kita menjadi lebih mudah dan lebih leluasa untuk bersedekah. kiat akan menjadi semakin sering bersedekah dan kita juga akan menjadi semakin banyak bersedekah.
jangan takut untuk bersedekah, karena sedekah tidak akan membuat kita menjadi miskin. bahkan sebaliknya harta kita akan dilipat gandakan berkali-kali lipat oleh Allah swt.

bersedekah selalu memberikan kenikmatan bagi orang yang melakukannya maupun kepada orang yang menerima sedekah. karena itu, berlomba-lombalah kita sebagai umat muslim dalam kebaikan untuk senantiasa bersedekah dan meningkatkan kualitas sedekah kita.
dengan niat yang tulus, Insya Allah sedekah kita akan selalu bermanfaat bagi hidup kita di dunia dan akhirat.

{ 7 komentar... Baca atau Berikan Komentar }

r10 mengatakan...

sedekah tdk berarti harus uang, dzikir itu sedekah, memberi makan kucing liar pun sedekah pula :)

Panduan Dan Tutorial Gratis mengatakan...

ya benar kawan, sedekah kalo harus nunggu datangnya rasa ikhlas ya gk akan semakin ketinggalan. Kalo Allah masih memberikan kesempatan kita untuk melihat dunia esok harinya sementara kita msh menunggu rasa ikhlas datang yg ada malah ajal duluan yg datang. Kalo gtu, ayo saudara/i seumat mari kita biasakan bersedekah meskipun tdk besar jumlah/nilainya tpi setidaknya kita sudah berusaha menjalankan kewajiban kita sbg makhluk ciptaan Allah dan mengenai ikhlas nanti juga akan terbiasa jika kita meniatkannya. Thx ya kawan atas pencerahannya

aciid !!!!!! mengatakan...

sedekah emank g hrus uang btul kata kk r10
tpi bsa dg prasaan yg kita pnya :D

Nashr mengatakan...

memang sedekah harus dibiasakan, dan itu memang butuh proses yang nggak singkat..

salam kenal ...kunjung balik ya

Andi Wong mengatakan...

yg utama itu Niat bersedekahnya..kalo niatnya ikhlas tnpa byk mikir gini gitu.. pasti cepat prakteknya gk terhambat mulu...tp ya smua manusia ada problema masing2..

btw dah FOLLOW ats nma WONG.. FOLLOW balik ya.. :) n jgn lupa komen

VENDRA mengatakan...

memberi makan kucing termasuk sedekah bkan? krn gw sejak msh umur 6thn sekitar thn 83 sampai skrng sering memberi makan kucing punya siapa saja, punya tetangga, kucing liar yg msuk ke rumah gw beri makan. kdng lama lama kucing itu malah dipelihara gw.

mahdupi duvi mengatakan...

terimakasih atas motivasinya sahabat..
Insya Allah sy akan lakukan itu, wlpn khdpn sy skrg pas pas, an utk klrga..

Posting Komentar

 

Daftar Blog Saya

Komentar Terbaru

Pengikut