Kelebihan Dan Kelemahan

Diposting oleh Inspirasi Kecilku on Senin, 16 Mei 2011

Setiap manusia dilahirkan dengan kelebihan dan kelemahannya masing-masing. Yang jelas, setiap manusia tidak mungkin memiliki kesamaan karena satu dan yang lainnya pasti lah berbeda.

Dalam menjalani kehidupan, kelebihan dan kelemahan seseorang ini akan berperan penting dalam menentukan keberhasilannya. Apakah kita dapat mendayagunakan kelebihan kita dengan baik atau justru kita terjebak dalam kelemahan kita.

Berbicara tentang kelebihan dan kelemahan, kira-kira kalian akan lebih memilih mana antara meningkatkan kelebihan kita atau mengoreksi kelemahan kita?
Yup, kalau menurut saya pribadi saya akan cenderung untuk memilih meningkatkan kelebihan daripada mengoreksi kelemahan. Mengapa?

Meningkatkan kelebihan kita akan membuat diri kita memiliki ciri khas tersendiri. Dengan begitu, kita akan lebih memiliki nilai yang sekaligus menjadikan kita sebagai pembeda dengan yang lain. Misalnya adalah kita pandai matematika, jago futsal, ahli computer, dsb. Tentunya akan lebih nikmat jika diri kita memiliki nilai meski pada bidang tertentu bukan?

Nah, hal ini berbeda dengan langkah kita yang memilih untuk memperbaiki kelemahan kita. Memang sih, upaya perbaikan itu penting. Tapi, perbaikan di sini dalam artian perombakan secara mendalam guna memperbaiki kelemahan kita sehingga memiliki kemampuan yang bagus. Itu yang kurang begitu baik. Mestinya kita perbaiki saja seperlunya, sisanya kita gunakan untuk mengembangkan kelebihan yang kita punya.

Mengapa hal ini begitu penting?
Yup, karena dengan kita memiliki kelebihan yang menonjol meski pada bidang tertentu akan membuat pembeda pada diri kita. Hal itu akan membuat diri kita memiliki nilai di atas rata-rata, bukan hanya rata-rata saja. Beda apabila kita hanya berkutat pada upaya perbaikan kelemahan. Yang akan kita dapatkan hanyalah kenaikan yang masih dalam rata-rata. So, diri kita pun tidak akan punya sebuah ciri pembeda dengan orang lain.

Temukan lah apa yang menjadi kelebihan dalam diri kita. Kemudian belajar dan berlatih lah untuk meningkatkan kelebihan yang kita punya. Tidak perlu risau apabila kita masih lemah pada bidang tertentu, karena kita masih bisa menggantikan diri kita dengan orang lain untuk menjalankan peran tersebut bukan? Misal kita lemah dalam matematika, kita masih bisa meminta bantuan pada orang lain untuk mengerjakannya bukan? Begitu lah jika kehidupan kita ini saling mengisi dan melengkapi kelebihan dan kelemahan masing-masing. Tetap fokus pada apa yang menjadi keunggulan kita. Tetap asah menjadi yang terbaik, dan rasakan manfaatnya!

{ 0 komentar... Baca atau Berikan Komentar }

Posting Komentar

 

Daftar Blog Saya

Komentar Terbaru

Pengikut