Makna Hari Disabilitas Internasional

Diposting oleh Inspirasi Kecilku on Sabtu, 03 Desember 2011

Makna Hari Disabilitas Internasional – Setiap 3 Desember selalu diperingati sebagai hari internasional penyandang cacat. Adanya peringatan ini tentu memiliki makna tersendiri bagi kita semua. Salah satu makna yang bisa kita ambil adalah kita harus lebih bersyukur terhadap apa yang kita terima dari-Nya dan lebih peduli terhadap sesama manusia ciptaan-Nya.

Disabilitas atau yang dahulu dikenal sebagai penyandang cacat merupakan setiap orang yang mempunyai kelainan fisik dan/atau mental, yang dapat mengganggu atau merupakan rintangan dan hambatan baginya untuk melakukan secara selayaknya, yang terdiri dari Penyandang cacat fisik, Penyandang cacat mental, Penyandang cacat fisik dan mental. (UU No.4 Tahun 1997 Tentang penyandang cacat).

Kita sebagai seseorang yang dilahirkan secara normal di dunia ini dapat memaknai hari ini dengan dua arti penting, yaitu kesyukuran dan kepedulian. Kita harus banyak bersyukur kepada Tuhan YME karena kita telah dilahirkan dalam keadaan normal dan tanpa cacat. Selain itu juga kita harus lebih peduli lagi terhadap nasib rekan kita yang juga kaum disabilitas serta membantu mereka menemukan hidup yang lebih berarti.

Ungkapan syukur dapat kita wujudkan dalam berbagai bentuk seperti menjaga kesehatan, memelihara bentuk tubuh dari kerusakan, tidak mencela keadaan fisik orang lain, bersyukur dan berdoa kepadaNya, dsb. Di samping bersyukur, kita juga perlu untuk meningkatkan kepedulian terhadap kaum disabilitas di sekitar kita.

Akan tetapi, kenyataan yang ada sekarang ini sangatlah sertolak belakang dengan harapan kita yang semestinya. Masyarakat memiliki pandangan yang buruk terhadap keberadaan kaum disabilitas di sekitar mereka. Tidak jarang kita menemukan kaum disabilitas yang dikucilkan, dipinggirkan, mendapatkan perlakuan tidak layak, hingga diskriminasi yang harus mereka terima di berbagai hal.

Mereka itu terlahir sebagai sosok yang istimewa, sehingga kita pun harus memperlakukan mereka dengan sikap yang istimewa juga. Mereka butuh bantuan kita. Mereka membutuhkan semangat, dorongan motivasi, dan peran aktif kita dalam membantu mereka menemukan kebahagiaan hidupnya.

Buka mata dan hati untuk lebih peduli. Jika mereka mendapatkan kesempatan dan bimbingan yang baik, mereka juga bisa bahkan lebih dalam berprestasi dibanding kita yang masih normal. Semoga dengan adanya peringatan hari disabilitas internasional ini akan lebih membuat kita pandai bersyukur dan lebih peduli dengan sesama.

{ 13 komentar... Baca atau Berikan Komentar }

[L]ain mengatakan...

Baru tau ada hari kaya gini...

Nurmayanti Zain mengatakan...

eh, ada ya?

Inspirasi Kecilku mengatakan...

@[L]ain:

wah, ayo ditingkatkan kepedulian kita! :D

Inspirasi Kecilku mengatakan...

@Nurmayanti Zain:

ada kok, dicek dan diingat ya. :)
ayo ditingkatkan kepedulian kita terhadap kaum disabilitas.

21inchs mengatakan...

Dgn adanya hari peringatan semacam ini minimal menjadi pengingat bagi kita utk bersyukur pd keadaan kita dan berempati pada mereka yg disable, spt yg dituliskan di atas.

Thank for remembering.

Ririe Khayan mengatakan...

Sepakat dengan pendefinisian 'syukur'nya: Ungkapan syukur dapat kita wujudkan menjaga kesehatan, memelihara bentuk tubuh dari kerusakan, tidak mencela keadaan fisik orang lain, bersyukur dan berdoa kepadaNya, dsb. Di samping bersyukur, kita juga perlu untuk meningkatkan kepedulian terhadap kaum disabilitas di sekitar kita....

pri crimbun mengatakan...

mari bersyukur dengan apa yang ada :)

Inspirasi Kecilku mengatakan...

@21inchs:

bersyukur dan selalu peduli dengan sesama, terlebih lagi yang kekurangan.

Inspirasi Kecilku mengatakan...

@Ririe Khayan:

dengan banyak bersyukur maka nikmat kita akan selalu ditambah olehNya. :)

Inspirasi Kecilku mengatakan...

@pri crimbun:

bersyukur dan lebih peduli dengan apa yang ada di sekitar kita.

SHUDAI AJLANI (dot) COM mengatakan...

Wah saya baru tau sob..

Inspirasi Kecilku mengatakan...

semoga bermanfaat bro. :)

dagoesta the organizer mengatakan...

MasBeni...ayook bantu aku meramaikan gerak jalan acara Bakti Sosial dalam rangka Hari Disabilitas Internasional 2012. Akan dilaksanakan di tanggal 2 desember start oleh Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo dan Menteri Sosial Salim Seggaf Al Djufri.....FB Dudy Agoesta.

Posting Komentar

 

Daftar Blog Saya

Komentar Terbaru

Pengikut