Hidup Merdeka

Diposting oleh Inspirasi Kecilku on Selasa, 20 Maret 2012

Hidup Merdeka - Kita sebagai manusia sudah memiliki kemerdekaan sejak dilahirkan. Kita tidak pernah sedikitpun meminta untuk dilahirkan. Karena itu, kenapa kita tidak boleh hidup merdeka? Kemerdekaan adalah hak paten setiap manusia!

layang-layangKemerdekaan yang benar semestinya memberikan ruang yang besar bagi kita untuk bergerak, berbicara, berkreasi, dan berekspresi. Kemerdekaan itu indah. Kita dapat mengeksplorasi apa yang kita miliki untuk kemudian kita tumpahkan dan limpahkan ke dalam dunia luar dan dunia kita sendiri. Hidup merdeka seperti melayang di awan. Semuanya terasa ringan dan nyaman. Kita bisa melihat segala sesuatunya dalam perspektif yang lebih luas.

singaKemerdekaan hidup tidak seperti singa dalam kebun binatang yang bisanya hanya menikmati kenikmatan semu. Padahal, terdapat kenikmatan sejati di luarnya yang sama sekali belum pernah terjamah olehnya. Lebih dahsyat singa yang menjadi raja di rimba raya dengan wilayah teritorial kekuasaan sempit daripada singa yang menjadi raja di wilayah kebun binatang yang luas. Analogi tersebut juga berlaku bagi kehidupan kita. Kita harus mampu berpikir dan bersikap bebas serta luas. Kita harus menjadi diri kita sendiri untuk kemudian melangkah dengan pasti, mantap, berani, dan bebas menuju kebahagiaan serta kenikmatan sejati.

Hidup yang merdeka adalah hidup yang tidak dibatasi, tapi masih dalam artian yang positif. Meski demikian, kemerdekaan tidak selamanya bebas sebebas yang kita anggap. Kita juga harus menghargai adanya kemerdekaan hidup yang dimiliki dan sedang diupayakan oleh orang lain di sekitar kita. Karena itu, kita wajib membatasi kemerdekaan hidup yang kita miliki itu dengan tanggung jawab. Berani berbuat maka harus berani bertanggung jawab dengan segala akibat yang ditimbulkannya.

Kemerdekaan hidup merupakan karunia Tuhan yang wajib kita perjuangkan. Merdeka dan hidup dalam kekebasan yang bertanggung jawab itu indah. Hidup terasa lebih berarti, bergairah, dan lebih dewasa. Kejarlah apa yang semestinya memang menjadi milik kita. Jangan pernah ragu, jangan pernah mundur dan terus berjuang pantang menyerah!

{ 4 komentar... Baca atau Berikan Komentar }

Ririe Khayan mengatakan...

Kejarlah apa yang semestinya memang menjadi milik kita..kerjakan apa yg bisa kita kerjakan sekarang, tak perlu menunggu X Y Z..utk mengerjakan ABC..

si rubah mengatakan...

oweee.. beni ngepost :D

Outbound di Malang mengatakan...

salam super sahabat,
tetap semangat dan sukses selalu ya
ditunggu kunjungan baliknya :)

outbound di malang mengatakan...

Kunci keberhasilan adalah menanamkan kebiasaan sepanjang hidup Anda untuk melakukan hal - hal yang Anda takuti.
tetap semangat tinggi untuk jalani hari ini ya gan ! ditunggu kunjungannya :D

Posting Komentar

 

Daftar Blog Saya

Komentar Terbaru

Pengikut