Jual Mahal Demi Harga Diri

Diposting oleh Inspirasi Kecilku on Rabu, 20 Maret 2013

Jual Mahal Demi Harga Diri – Kita sebagai manusia selalu hidup berdampingan dengan manusia lainnya. Karena kebutuhan manusia yang sangat tinggi dalam bersosialisasi inilah yang membuat manusia dikenal sebagai makhluk sosial. Kita semua paham dan sadar jika manusia tidak dapat hidup sendirian dan selalu bergantung pada bantuan orang lain.

Harga Diri

Sikap dan lingkungan sangat berpengaruh terhadap apa yang kita rasakan ketika mulai bersosialisasi dengan orang lain. Ada kalanya kita merasa cocok, sepaham, dan sepemikiran dengan orang tertentu. Akibatnya, kita merasa lebih nyaman ketika berhubungan dengan mereka. Akan tetapi, kita juga pernah merasa tidak nyaman ketika berhubungan dengan seseorang yang kemudian membuat kita menjauh dari orang tersebut. Hal ini memang wajar, karena kepala boleh sama, tapi isi pikiran dalam kepala manusia itu berbeda-beda. Perbedaan cara pandang, pemikiran, pendapat, dan sikap inilah yang membuat kita mengalami benturan dengan orang-orang yang tidak serasa dengan kita.

Evaluasi Diri
Apa yang perlu kita lakukan? Pada awalnya kita memang wajib untuk mengalah. Anggap saja kita yang salah dengan selalu introspeksi diri. Evaluasi apa yang kurang baik dari diri kita hingga membuat diri kita tidak nyaman dengannya. Dengan mengalah dan berbuat baik kepadanya, kita akan memancing nuraninya agar terketuk dan melihat kehadiran kita sebagai orang yang baik kepadanya. Kita berharap jika kebaikan yang telah diberikan akan dibalas dengan kebaikannya hingga kita pun dapat bersatu dalam suasana yang nyaman kembali.

Lalu, bagaimana jika cara itu gagal? Kita memang perlu bersabar, tetapi kesabaran kita juga ada batasnya. Kita dapat mengalihkan perhatian sejenak untuk mengulur waktu kesabaran kita dalam menunggu balasan kebaikan darinya.

Bagaimana jika cara itu tetap gagal? Kita wajib untuk jual mahal! Kita memang butuh orang lain untuk menyalurkan kebutuhan kita dalam bersosialisasi, tetapi tidak dilandasi dalam ketidaknyamanan. Kita dapat memilih orang lain yang mampu menghadirkan kenyamanan bagi kita semua. Jual mahal yang kita tampilkan dihadapannya hanyalah sebatas acting, bukan sifat dasar diri kita. Kita hanya perlu ngotot jika sebenarnya diri kita itu memiliki nilai lebih dan tidak pantas untuk diperlakukan secara tidak nyaman.

Kita wajib menantang agar tidak bisa diremehkan orang lain. Jual mahal yang kita lakukan semata-mata untuk menjaga harga diri kita. Kita tentu tidak ingin disepelekan. Kita juga tentu tidak ingin harga diri kita diabaikan. Oleh karena itu, sekali tempo bersikap jual mahal demi menjaga harga diri yang tengah terancam sangat wajib kita lakukan.

{ 0 komentar... Baca atau Berikan Komentar }

Posting Komentar

 

Daftar Blog Saya

Komentar Terbaru

Pengikut