Tips Aman Berbelanja Online

Diposting oleh Inspirasi Kecilku on Jumat, 18 April 2014

Tips Belanja Online – Di zaman yang serba modern saat ini, setiap orang dapat melakukan aktivitas belanja secara online kapanpun dan di manapun mereka berada. Asalkan terhubung dengan jaringan internet, semua orang dapat melaksanakan transaksi jual beli di dunia maya untuk mendapatkan dan menjual barang yang mereka inginkan.

Belanja online

Mengapa tren berbelanja online begitu digemari masyarakat khususnya di daerah perkotaan saat ini? Sederhana, karena tingginya permintaan dari konsumen akan kepraktisan. Setiap orang ingin mendapatkan barang yang diinginkan dengan cepat dan tanpa repot. Sehingga, dengan adanya peluang pangsa pasar yang besar inilah yang kemudian dimanfaatkan para pedagang untuk menjajakan barang dagangannya secara online.

Meskipun demikian, sebagai konsumen kita harus bertindak cerdas dalam menyikapi fenomena ini. Karena dalam perkembangannya proses jual beli secara online lebih berisiko daripada jual beli dalam kehidupan nyata sehari-hari.

Untuk mencegah terjadinya kecurangan dan menambah kenyamanan, ada baiknya kita lebih meningkatkan kewaspadaan dan mempelajari beberapa tips aman berbelanja online berikut ini.

1. Kredibilitas.
Pastikan kita mengenal latar belakang penjual dari barang yang akan dibeli. Usahakan agar penjual memiliki reputasi yang baik dengan ditunjukan oleh minimnya keluhan atau aduan yang diberikan konsumen atas pelayanannya. Semakin populer di kalangan masyarakat, itu berarti penjual atau toko online tersebut memiliki kredibilitas yang bagus, misalnya saja Zalora yang menyediakan koleksi pakaian, sepatu, hingga aksesoris pria dan wanita.

2. Kelengkapan produk.
Jika memungkinkan, carilah toko online yang khusus menjual barang tertentu. Misalnya Zalora yang menyediakan pakaian pria, pakaian wanita, sepatu pria, sepatu wanita, atau aksesoris lainnya. Selain itu ada juga toko online yang khusus menjual peralatan komputer, toko online yang khusus menjual handphone, serta toko online yang khusus menjual  kosmetik. Mengapa toko online yang menjual barang khusus lebih diutamakan? Karena hal itu menandakan jika mereka adalah spesialis di bidangnya masing-masing. Selain lebih ahli dalam menentukan kualitas barang dagangannya, kelengkapan barang dagangan juga hampir pasti terpenuhi. Entah dari segi ukuran, merk, dan warna.

3. Biaya.
Bandingkan harga jual barang dari satu toko dengan toko lainnya. Carilah harga yang paling murah. Perhatikan apakah toko tersebut memberikan diskon atau voucher belanja yang dapat membuat harga barang menjadi lebih murah. Berbelanja pada waktu tertentu juga dapat mengurangi harga barang karena biasanya penjual akan memberikan diskon pada moment tertentu seperti hari besar, awal atau akhir bulan, serta awal atau akhir tahun.

4. Cara pembayaran.
Secara umum penjual online memberikan tiga metode pembayaran untuk kita yang akan membeli barang dagangannya, yaitu pembayaran transfer bank, cash on delivery, dan kartu kredit. Jika kita masih ragu, cobalah menggunakan fasilitas pembayaran cash on delivery karena kita baru akan membayar bersamaan dengan serah terima barang oleh penjual pada waktu dan tempat yang ditentukan. Akan tetapi, sistem cash on delivery tersebut biasanya hanya dapat dinikmati oleh pembeli yang lokasinya tidak jauh dari pusat lokasi penjual sesuai aturan yang telah ditentukan.

5. Garansi.
Apakah penjual memberikan garansi atas barang yang telah dijualnya? Perhatikan dengan detail bagaimana prosedur pengiriman barang ke penjual untuk mendapatkan klaim garansi, bagaimana juga persyaratan untuk mendapatkan garansinya, serta berapa lama jangka waktu garansi yang diberikan. Kita tidak pernah tahu bagaimana ketahanan kondisi barang saat diterima dan setelah digunakan bukan?

Hasrat berbelanja online memang besar, tetapi kita harus tetap berpikir jernih agar tidak menyesal kemudian. Pastikan barang yang akan dibeli benar-benar dibutuhkan agar tidak terjadi pemborosan. Jangan mudah terkena iming-iming diskon dan tampilan barang yang menarik hingga mampu membuat kita berbelanja tanpa kontrol. Sekali lagi, perhatikan dampak dari hasil pembelian itu. Berbelanjalah dengan menjadi konsumen yang cerdas. Ada yang ingin menambahkan saran? Tuliskan di bagian komentar ya.

{ 3 komentar... Baca atau Berikan Komentar }

Lulu Syifa F. mengatakan...

Bener banget tuh poin poin yang disebutin tadi, aku juga sering belanja online soalnya hehe. Selain itu aku juga cari asal-usul si penjual dan cari testimoni dari pembli lain yuhuu :D

sherlina halim mengatakan...

Pengen yang lebih seru ...
Ayo kunjungi www.asianbet77.com
Buktikan sendiri ..

Real Play = Real Money

- Bonus Promo Red Card pertandingan manapun .
- Bonus Mixparlay .
- Bonus Tangkasnet setiap hari .
- New Produk Sabung Ayam ( minimal bet sangat ringan ) .
- Referal 5 + 1 % ( seumur hidup ) .
- Cash Back up to 10 % .
- Bonus Royalty Rewards setiap bulan .

untuk Informasi lebih jelasnya silahkan hubungi CS kami :
- YM : op1_asianbet77@yahoo.com
- EMAIL : asianbet77@yahoo.com
- WHATSAPP : +63 905 213 7234
- WECHAT : asianbet_77
- SMS CENTER : +63 905 209 8162
- PIN BB : 2B4BB06A / 28339A41

Salam Admin ,
http://asianbet77.com/

Staff Sinteniki mengatakan...

Bisnis online memang menggiurkan, kamu bisa membuat Toko Online dengan Jejualan.com Praktis, Hanya 20 Detik!

Posting Komentar

 

Daftar Blog Saya

Komentar Terbaru

Pengikut