CARA MENYEMBUHKAN PHOBIA

Diposting oleh Inspirasi Kecilku on Minggu, 17 Januari 2010

Phobia merupakan sebuah keadaan yang seringkali menjengkelkan bagi kita. Tidak hanya itu, phobia juga terkadang menimbulkan rasa aneh, bingung, dan kecemasan yang dirasakan oleh orang-orang terdekat kita.
Kita sering terlihat aneh karena mengalami rasa kegelisahan, kecemasan, hingga ketakutan yang timbul karena alasan yang tidak rasional dan tidak sesuai dengan kenyataan.

Lalu, apakah phobia itu dapat disembuhkan ?
Tentu saja bisa. Karena prinsip paten dalam dunia kesehatan itu mengenal adanya semacam slogan yang menyatakan bahwa segala jenis penyakit itu pasti ada obatnya.

Adapun metode penyembuhan untuk phobia ini antara lain :

1. Hypnotheraphy.
Metode ini dilakukan dengan memberikan sugesti kepada penderita phobia jika mereka itu mampu untuk terlepas dari jerat phobia yang dialami.

2. Flooding.
Flooding merupakan cara penyembuhan yang paling ekstrim. Karena, cara ini dilakukan dengan explosure treatment yaitu memasukan penderita phobia langsung ke dalam dunia phobia yang dialaminya.
Contoh, penderita phobia ketinggian yang diajak langsung untuk melihat keadaan bawah dari sebuah tempat yang tinggi.

3. Desentisisasi.
Desentisisasi hanya di lakukan dengan exposure ringan.
Contoh, penderita phobia ketinggian di suruh untuk hanya membayangkan bahwa dia bisa mengatasi rasa ketakutannya dengan berani melihat pemandangan bawah dari tempat yang tinggi.

4. Abreaksi.
Abreaksi dilakukan dengan menonton tayangan palsu terhadap phobia yang dialami, kemudian berlanjut pada menonton tayangan atau keadaan yang aslinya, hingga melakukan reaksi dengan bertindak langsung untuk melawan rasa ketakutannya itu.

5. Reframing.
Cara ini dilakukan dengan membayangkan masa lampaunya di mana ia pertama kali merasakan phobianya, lalu dengan imajinasinya ia harus membayangkan seolah-olah jika ia mampu melawan dan merasa tidak takut lagi terhadap phobia yang selama ini ia takuti.


 

Daftar Blog Saya

Komentar Terbaru

Pengikut