PHOBIA

Diposting oleh Inspirasi Kecilku on Minggu, 17 Januari 2010

Phobia berasal dari kata phobi yang berarti ketakutan, kecemasan yang tidak rasional yang dirasakan dan dialami seseorang.
Secara umum phobia merupakan sebuah rasa ketakutan yang berlebihan terhadap benda-benda atau situasi tertentu yang tidak beralasan dan dianggap orang atau masyarakat umum sebagai sesuatu yang aneh dan tidak sesuai dengan kenyataan.

Meskipun phobia itu terdiri dari bermacam-macam, tetapi secara umum phobia dapat dikategorikan ke dalam tiga kelompok besar, antara lain :

1. Phobia sederhana, spesifik.
Phobia yang dikategorikan dalam kelompok ini merupakan sebuah rasa ketakutan terhadap benda atau situasi tertentu yang cenderung bersifat spesifik. Misalnya phobia terhadap ketinggian, keadaan gelap, ruang tertutup, dsb.

2. Phobia sosial.
Phobia sosial merupakan sebuah phobia yang dikarenakan oleh pemaparan situasi sosial. Misalnya saat seseorang itu menjadi pusat perhatian orang lain.

3. Phobia kompleks.
Phobia kompleks lebih disebabkan oleh tempat atau situasi yang ramai dan terbuka. Misalnya saat di kendaraan umum, mall, dsb.

Penyebab phobia itu bermacam-macam. Akan tetapi beberapa phobia yang dialami oleh sebagian orang itu kecenderungannya disebabkan oleh rasa trauma karena pernah mengalami rasa ketakutan hebat, pengalaman pribadi disertai rasa malu dan bersalah yang kesemuanya itu berada pada kontrol alam bawah sadar.


{ 0 komentar... Baca atau Berikan Komentar }

Posting Komentar

 

Daftar Blog Saya

Komentar Terbaru

Pengikut