CARA MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL (EQ)

Diposting oleh Inspirasi Kecilku on Jumat, 09 Juli 2010

kecerdasan emosional merupakan salah satu bentuk kecerdasan yang memegang peranan penting dalam kesuksesan hidup kita.
tahukah jika kecerdasan emosional tersebut memiliki peranan yang dominan dalam mempengaruhi kesuksesan hidup kita?
faktanya adalah kecerdasan emosional tersebut mempengaruhi 80% tingkat kesuksesan dalam hidup kita.
lalu, bagaimanakah cara kita dalam mengasah kemampuan kecerdasan tersebut?

berikut ini merupakan beberapa langkah yang mesti kita terapkan dalam meningkatkan tingkat kecerdasan emosional (EQ) dalam diri kita, antara lain ;

1. mengenali emosi diri
mengenali emosi pada diri sendiri merupakan sebuah tindakan dimana kita dituntut untuk mampu mengetahui apa yang sebenarnya diri kita rasakan, serta pesan apa yang hendak diri kita kirimkan melalui emosi yang muncul pada diri kita tersebut.
misalnya emosi yang dapat kita rasakan adalah marah, kecewa, sedih, senang, gembira, dsb.

2. melepaskan emosi negatif
melepaskan emosi negatif merupakan sebuah hal yang sangat perlu kita lakukan jika kita ternyata merasakan sebuah emosi negatif ada dalam diri kita.
hal ini sangat penting untuk dilakukan karena secara tidak sadar emosi negatif tersebut justru akan menuntun langkah hidup kita untuk semakin mendekati hal negatif yang kita rasakan dan membuatnya berujung menjadi nyata.
tidak hanya kita, kerabat dekat, istri, anak, serta siapapun yang berada di sekitar kita akan terkena dampak negatifnya. jadi, sebisa mungkin saat kita merasakan adanya emosi negatif yang masuk dalam diri kita maka kita harus sebisa mungkin untuk melepaskannya.

3. mengelola emosi diri sendiri
sebenarnya emosi merupakan sebuah awal pertanda dan bukan merupakan sebuah hasil akhir. karena emosi merupakan sebuah sinyal tentang apa yang sebenarnya saat ini sedang kita rasakan dan bagaimana diri kita untuk menyikapinya.
kemampuan kita dalam mengendalikan emosi dapat membantu kita mencapai kesuksesan.
beberapa cara untuk mengelola emosi dalam diri kita adalah;
pertama, menghargai munculnya emosi dan dukungan serta peranannya terhadap hidup kita.
kedua, mengetahui pesan tersirat apa yang sebenarnya disampaikan dalam emosi yang muncul serta meyakini jika kita pun pernah berhasil menangani emosi ini sebelumnya.
ketiga, memposisikan diri agar selalu bergembira dalam setiap pengambilan tindakan untuk menanganinya.

kemampuan kita dalam mengendalikan diri merupakan hal yang paling penting dalam manajemen diri.
kita semestinya yang mengendalikan diri, bukan emosi yang justru mengendalikan emosi kita.

4. memotivasi diri sendiri
menata emosi dalam hal mengendalikan diri terhadap emosi untuk memperoleh kepuasan dan dorongan hati merupakan sebuah landasan keberhasilan dalam berbagai bidang.
jika kita mampu untuk berlaku seperti ini, maka sejatinya kita sudah berjalan di jalur kesuksesan. kita akan cenderung bersikap produktif, kreatif, dan inovatif.

5. mengenali emosi orang lain
kemampuan mengenali emosi orang lain merupakan cara yang paling efektif dalam berkomunikasi dengan orang lain.
dengan bersikap demikian, kita akan terlatih untuk bersikap empati terhadap apa yang orang lain rasakan. terbiasa untuk terlebih dahulu mengerti daripada dimengerti.
merupakan sebuah hal yang menyenangkan jika kita mampu berkomunikasi secara efektif dengan orang lain melalui pengenalan terhadap emosi orang lain ini.

6. mengelola emosi orang lain
mengelola emosi orang lain merupakan tahapan selanjutnya setelah kita mampu untuk mengenali emosi dari orang lain tersebut.
kemampuan mengelola emosi orang lain merupakan sebuah kemampuan yang dahsyat. secara umum manusia merupakan makhluk emosional. semua hubungan antar manusia di dunia ini didasari atas hubungan emosional yang erat.
jika kita mampu untuk mengelola emosi orang lain ini, maka kata akan dapat menjalani hiup dengan orang lain dengan lebih mudah.

7. memotivasi orang lain
memotivasi orang lain merupakan sebuah kemampuan yang paling akhir dalam tahap peningkatan kecerdasan emosional dalam diri kita.
kemampuan memotivasi orang lain berkaitan erat dengan hal kepemimpinan, dimana tugas seorang pemimpin tersebut untuk memberikan inspirasi, motivasi, dan solusi dalam membangun sebuah kerja sama tim untuk mencapai tujuan bersama.

{ 1 komentar... Baca atau Berikan Komentar }

Kecerdasan Emosi mengatakan...

Menarik sekali artikelnya .....

Posting Komentar

 

Daftar Blog Saya

Komentar Terbaru

Pengikut