EFEK BURUK BANYAK MINUM SOFT DRINK

Diposting oleh Inspirasi Kecilku on Jumat, 09 Juli 2010

soft drink (minuman ringan) merupakan jenis minuman yang banyak digemari oleh kalangan muda.
seperti yang telah kita ketahui bersama jika soft drink mengandung komposisi banyak soda karena minuman ini termasuk dalam jenis minuman berkarbonasi.
selain rasanya yang khas, meminum soft drink juga dapat menjadi semacam tradisi tersendiri saat kita berkumpul bersama teman, konsumsi saat mengadakan moment tertentu, atau sekedar minuman sehari-hari.

akan tetapi, jika kita terlalu banyak mengkonsumsi soft drink akan dapat menimbulkan dampak yang buruk bagi kesehatan tubuh kita.
adapun efek negatifnya antara lain ;

1. menigkatkan berat badan.
dengan kita mengkonsumsi soft drink akan meningkatkan resiko terkena obesitas (berat badan berlebihan) sekitar 32,8% lebih tinggi.
sedangkan diet coke (soft drink bebas gula) justru memberikan dampak lebih besar dalam menjadikan kita obesitas sekitar 54,5%.

2. mengandung banyak kalori yang tidak berguna.
komposisi zat gizi yang terkandung dalam soft drink sebagian besar didominasi oleh tingginya kalori, dimana kandungannya mencapai 250 kalori per 600 ml.
di dalamnya tidak ada kandungan nutrisi yang berperan penting bagi tubuh selain hanya gula dan kafein yang menimbulkan ketagihan.

3. membuat kecanduan.
soft drink juga ternyata dapat menimbulkan ketagihan bagi yang mengkonsumsinya.
alasannya adalah karena kafein yang terkandung di dalamnya yang dapat membuat seseorang tersebut merasa ketagihan dengan ingin terus meminum soft drink.
jika seseorang tersebut berhenti meminum soft drink, maka efek terburuk yang dapat dialami oleh orang tersebut karena pengaruh kecanduan seperti sakit kepala, gugup, depresi, menggigil, cemas.

4. meningkatkan resiko terkena penyakit jantung dan diabetes.
menurut penelitian yang telah dilakukan bahwa seseorang yang setiap hari mengkonsumsi soft drink akan berpotensi besar untuk terkena sindrom metabolik, yaitu sebuah kondisi yang meningkatkan resiko penyakit jantung dan diabetes sebesar 44%.
penyebab dari diabetes ini sendiri merupakan pengaruh dari banyaknya kandungan gula yang terdapat dalam soft drink.

5. mengurangi jumlah sperma.
sebuah penelitian menunjukan jika seseorang yang mengkonsumsi soft drink sebanyak 1 liter atau lebih setiap harinya akan bisa berbahaya bagi spermanya.
faktanya adalah seorang laki-laki yang rutin mengkonsumsi soft drink ternyata memiliki jumlah sperma 30% lebih rendah daripada yang tidak mengkonsumsi.

{ 2 komentar... Baca atau Berikan Komentar }

Surya mengatakan...

Thx atas informasinya

Inspirasi Kecilku mengatakan...

@surya: sama-sama bro . .
jangan banyak minum soft drink. ok?

Posting Komentar

 

Pengikut