Cara Sehat Menangkal Rasa Lapar

Diposting oleh Inspirasi Kecilku on Jumat, 01 April 2011

Kita tentu sudah sering merasakan lapar. Rasa lapar umumnya membuat kita memiliki hasrat untuk mengkonsumsi makanan dan minuman sampai perut kita kenyang. Akan tetapi, tahukah jika rasa lapar itu tidak selalu disebabkan karena perut kita kosong? Rasa lapar juga bisa muncul karena fluktuasi hormon. Jika kita terus merasa lapar walau kita sudah banyak makan, maka hal ini bisa menjadi hal yang merugikan bukan? Selain membuat mengganggu penampilan karena membuat badan kita lebih gemuk, hal ini juga akan membuat kondisi keuangan kita menjadi boros.

Lalu bagaimana cara yang sehat untuk mencegah rasa lapar itu muncul?

Pilih lauk ikan.

Usahakan untuk lebih memilih menu utama makanan ikan. Mengapa? Karena menurut penelitian indeks kepuasan dalam memakan ikan lebih tinggi daripada daging dan ayam. Sehingga, hal ini akan sedikit banyak membantu mengurangi rasa lapar kita.

Konsumsi vitamin.

Jika nutrisi dalam tubuh kita kurang, maka hal ini akan memunculkan rasa lapar dan mendorong diri kita untuk terus makan. Jadi, sebagai langkah antisipasi konsumsi saja vitamin jika kita tidak yakin nutrisi tubuh kita cukup terpenuhi.

Hindari kontak penciuman dengan makanan.

Dengan menutup hidung saat kita berada di dekat makanan yang memiliki bau yang tajam semisal donat dan roti akan mengurangi sekresi insulin dalam tubuh kita. Sehingga dengan demikian rasa lapar pun dapat dicegah.

Saat minum jus, minum dengan ampasnya.

Ketika kita sedang meminum jus, usahakan untuk meminum jus itu dengan ampas-ampasnya. Mengapa? Karena buah yang hancur saat diblender mengandung serat yang akan membuat perut kita kenyang saat meminumnya.

Makan wortel mentah.

Menurut penelitian, dengan mengkonsumsi wortel mentah akan membuat perut kita merasa lebih kenyang daripada mengkonsumsi wortel yang sudah diolah dan dicampur sebagai bahan makanan.

Makan ditempat yang terang.

Ada penelitian yang menyebutkan jika kita makan di tempat yang temaran akan membuat kita mengkonsumsi makanan dalam jumlah yang berlebihan.

Dengan mengkondisikan diri kita melakukan upaya mencegah lapar, niscaya rasa lapar yang berlebihan tidak akan lagi mengganggu aktifitas sehari-hari kita. Akan tetapi, meski demikian kita tetap tidak boleh melupakan pola makan yang teratur. Dengan makan yang teratur, istirahat yang cukup, dan rutin berolah raga akan membuat hidup kita menjadi lebih sehat dari yang kita bayangkan.
Selamat mencoba!

{ 0 komentar... Baca atau Berikan Komentar }

Posting Komentar

 

Daftar Blog Saya

Komentar Terbaru

Pengikut