Resolusi Juara 2012 | Menjadikan Panduan Belajar Blog Sebagai Media Pembelajaran Blogging Terkenal Yang Gratis dan Praktis Bagi Masyarakat

Diposting oleh Inspirasi Kecilku on Jumat, 23 Desember 2011

Resolusi Juara Panduan Belajar Blog Di 2012Panduan Belajar Blog merupakan blog pribadi yang saya miliki dan dibuat dengan tujuan sebagai media pembelajaran yang gratis dan praktis bagi siapa saja yang ingin belajar dunia blogging. Blog yang bersifat tutorial how to ini saya buat pada Januari 2011. Di dalamnya berisi ratusan artikel bertema blogging yang mampu membimbing siapapun dalam belajar dunia blogging secara cepat dan tepat.



Di era globalisasi seperti ini peran internet sangat menentukan dalam perkembangan kehidupan setiap orang. Semua aspek kehidupan selalu bersinggungan dengan internet. Sehingga, keadaan seperti ini menuntut setiap orang untuk lebih membuka mata dan lebih memahami tentang apa itu internet serta kegunaannya.

Kehadiran internet sekarang bukan lagi menjadi barang mewah. Paling tidak, setiap orang bisa mengakses internet melalui warnet. Selain memiliki manfaat postif, internet juga memiliki potensi dampak negatif jika kita salah dalam menggunakannya. Seperti akses informasi porno, kecanduan game online, perjudian, penipuan, hingga pencurian.

internetTerlepas dari beberapa bahaya yang dimilikinya, internet memiliki potensi manfaat yang besar jika kita bisa mengoptimalkannya dengan baik. Internet bisa menjadi sarana menambah ilmu dan wawasan pengetahuan. Internet juga menjadi sarana komunikasi yang cepat dan murah dengan hadirnya beragam situs jejaring sosial. Manfaat lainnya adalah dengan internet kita dapat melakukan transaksi jual beli online secara praktis dan cepat, mencari informasi pekerjaan yang kita butuhkan, media hiburan untuk bermain game online saat merasa bosan, melakukan aktifitas pemasaran terhadap bisnis yang kita kelola, hingga berselancar di dunia maya untuk berkeliling dunia hanya dengan duduk di depan monitor komputer. Kehadiran internet memang semakin membuat dunia menjadi sempit tanpa batas ruang dan waktu.

Berkaitan dengan manfaat penyediaan informasi yang lengkap, internet memungkinkan kita untuk mendapatkan beragam informasi yang kita butuhkan hanya dengan beberapa kata kunci. Informasi yang kita dapat ini tentu tidak muncul dengan sendirinya di internet. Karena semua informasi yang kita peroleh sebagian besar merupakan tulisan karya seorang blogger yang secara suka rela membagi-bagikan ilmu pengetahuannya kepada masyarakat luas.

Blogger adalah orang yang melakukan kegiatan blogging dengan sebuah blog yang dimilikinya. Sebuah blog atau dikenal juga dengan sebutan weblog merupakan sebuah situs pribadi yang memuat tulisan-tulisan sebagai konten atau isi pokoknya, di mana tulisan yang sebagai postingan tersebut berisi tentang suatu topik tertentu yang di publikasikan oleh pemiliknya guna mendapatkan reaksi dari pembaca dan diperbaharui secara berkala. Dengan begitu banyaknya blogger dan blog yang tersedia di internet membuat sumber informasi yang kita dapat menjadi beraneka ragam dan semakin lengkap.

blog
Blog memiliki banyak manfaat bagi kita. Dengan blog, kita dapat berbagi ilmu pengetahuan yang kita miliki kepada orang lain. Kegiatan berbagi ini tentu sangat bermanfaat bagi kita. Semakin banyak ilmu yang kita bagikan dan semakin banyak pula ilmu yang kita dapatkan dari blogger lain membuat kegiatan blogging terasa menyenangkan dan bermanfaat.

Secara umum, manfaat yang diberikan oleh kehadiran sebuah blog antara lain sebagai berikut;
  1. Media aktualisasi diri.
  2. Personal branding.
  3. Media promosi.
  4. Menghasilkan uang.
  5. Media melepas stress.
  6. Dokumentasi online.
  7. Media berbagi.
  8. Mendapatkan teman baru.
  9. Kebanggaan menjadi seorang blogger.
  10. Home base kita di dunia maya.

Setelah mengetahui manfaat yang dapat diberikan oleh sebuah blog, akhirnya saya membuat blog untuk pertama kalinya pada tahun 2009. Saat itu, motivasi utama saya dalam menciptakan blog dan menjalani aktifitas blogging adalah untuk mendapatkan penghasilan online lewat pemasangan iklan. Akan tetapi, karena minimnya pengetahuan blogging dan bisnis online yang saya miliki saat itu membuat kegiatan blogging yang sudah saya tekuni selama beberapa bulan menjadi terkesan membosankan dan tanpa hasil. Hingga akhirnya setelah beberapa lama tidak kunjung mendapatkan penghasilan online dan sudah merasakan puncak kebosanan, saya pun memutuskan untuk berhenti menjalani rutinitas blogging. Blog yang dimiliki saya hapus dan selesailah sejarah blogging saya waktu itu.

Beberapa bulan kemudian keinginan untuk blogging muncul kembali. Saat itu saya sadar jika blogging tidak semata-mata berkutat dalam hal bisnis online. Blogging tidak hanya bertujuan untuk mendapatkan penghasilan online seperti yang banyak disuarakan oleh banyak blogger saat itu. Saya pun kembali blogging dengan motivasi yang berbeda. Keinginan blogging saat itu lebih didasari pada hasrat untuk menuangkan ekspresi berupa ide dan pemikiran melalui sebuah media yang dapat dibagi-bagikan kepada setiap orang secara gratis. Karena itulah akhirnya saya membuat blog. Sesuai dengan tujuan awalnya, akhirnya saya membuat blog Inspirasi Kecilku. Blog ini berisi artikel motivasi dan pemikiran pribadi yang mungkin bisa memberikan inspirasi bagi orang lain. Meskipun tidak memberikan manfaat yang signifikan kepada banyak orang karena cakupan bahasan yang dituangkan dalam blog ini lebih bersifat uneg-uneg, paling tidak setiap postingan dalam blog ini menawarkan cara pandang dan bersikap yang berbeda dalam menilai sebuah hal. Dengan adanya perbedaan itu diharapkan blog Inspirasi Kecilku ini dapat memberikan gambaran betapa sebuah hal yang sederhana itu dapat dilihat dari perspektif sudut pandang yang berbeda-beda di mana setiap cara pandang tersebut memiliki nilai dan kelebihannya sendiri-sendiri.

Hari berganti hari, akhirnya saya menikmati kegiatan blogging dengan blog baru ini. Blogging terasa menyenangkan dan tanpa beban meskipun saya tidak mendapatkan keuntungan apapun selain kebanggan dan kepuasan pribadi menjadi seorang blogger. Saya rajin mencari informasi tentang tips dan trik blogging. Bagaimana cara menciptakan blog yang hebat dan berkualitas dalam berbagai sudut pandang yang berbeda, seperti memiliki blog dengan kunjungan harian yang besar, tampilan desain yang menawan, dan konten postingan blog yang berkualitas. Saya belajar blogging secara otodidak.

Ketika memiliki cukup banyak pengetahuan blogging ini, kemudian saya berpikir agar apa yang saya ketahui ini bisa bermanfaat bagi banyak orang. Saya mencari beberapa solusi untuk menyebarkan pengetahuan ini mulai dari rencana membuat ebook, menyebarluaskan melalui notes di facebook, hingga menuturkan secara lisan kepada teman-teman tentang ilmu blogging yang sudah saya dapatkan. Akhirnya, saya pun memilih blog sebagai media penyebarannya.

Alasannya adalah informasi yang disebar di dalam blog dapat diakses dan dipelajari oleh banyak orang diseluruh dunia. Sehingga, setiap pengetahuan blogging yang saya bagi-bagikan diharapkan lebih efektif dan efisien penyebarannya kepada banyak orang yang berminat mempelajari blogging.

panduan belajar blog
Ide pun akhirnya muncul untuk memberikan nama Panduan Belajar Blog kepada blog yang baru saja saya buat tersebut. Alasannya, nama tersebut familiar dan mudah diingat oleh masyarakat. Selain itu, nama Panduan Belajar Blog juga saya pikir memiliki nilai jual untuk dapat bersaing dengan blog yang bertemakan tutorial blogging lainnya dalam perebutan pasar.

Beberapa hari setelah saya membuat Panduan Belajar Blog, saya kemudian mengoptimalisasi blog tersebut dengan tips dan trik yang sudah saya ketahui tentang blogging. Semua ilmunya saya terapkan dengan baik. Mulai dari optimalisasi kinerja SEO, promosi blog yang gencar, usaha untuk menuliskan konten postingan yang berkualitas, hingga mendesain tampilan blog agar menarik dan nyaman bagi pembaca.

Tiga bulan pertama berlalu, saya tidak kunjung mendapatkan hasil yang sesuai harapan. Blog masih saja sepi pembaca dan tujuan saya membuat blog ini kurang tercapai dengan baik. Ilmu yang saya bagi-bagikan melalui blog ini terasa sia-sia.

Karena tidak ingin mengulangi kegagalan yang sama ketika pertama kalinya blogging, saya pun kemudian tetap melanjutkan aktifitas blogging dengan Panduan Belajar Blog hingga kurun waktu beberapa bulan. Saat itu terlintas dipikiran jika dalam beberapa bulan ke depan blog ini tidak kunjung menghasilkan perubahan maka saya akan menutupnya.

Selama kurun waktu yang saya targetkan tersebut saya melakukan usaha khusus untuk pemasaran dengan lebih keras. Saya pikir ini adalah aktifitas-aktifitas terakhir saya sebelum menutup blog ini bagi kalangan umum dan mengganti metode penyebaran informasi blogging yang saya miliki. Apa yang terjadi? Di luar dugaan blog ini mendapatkan reaksi yang baik dari banyak orang.

Beberapa hal yang saya catat sebagai indikator mulai tumbuhnya Panduan Belajar Blog seperti meningkatnya jumlah kunjungan pembaca harian, meningkatnya jumlah page views, meningkatnya tanggapan dari para pembaca lewat komentar yang diberikan, banyaknya penanya seputar dunia blogging dari para pembaca melalui form kontak yang disediakan, hingga semakin lamanya rata-rata durasi setiap kunjungan dari para pembaca dalam menyimak postingan di Panduan Belajar Blog.

Pada akhir Oktober 2011 saya mengganti domain Panduan Belajar Blog yang semula panduan-belajar-blog.blogspot.com menjadi Top Level Domain dengan URL www.panduanbelajarblog.com. Penggantian domain ini bisa diartikan sebagai wujud komitmen saya dalam mengembangkan sebuah blog tutorial yang berkualitas dan terkenal di masyarakat. Motivasinya sederhana karena bukan untuk mencari ketenaran semata, tetapi agar lebih dikenal masyarakat sehingga semua ilmu pengetahuan yang diterbitkan dalam blog tersebut dapat diserap oleh banyak orang dengan baik.

Secara pribadi saya menilai jika prestasi yang sudah dicapai Panduan Belajar Blog saat ini masih belum mencapai sasaran. Hal ini dikarenakan Panduan Belajar Blog masih memiliki jumlah kunjungan harian yang sedikit, berkisar antara 150 s.d. 250 kunjungan per hari. Padahal, blog lain yang berjenis sama sudah memiliki jumlah kunjungan harian yang jauh lebih besar. Indokator kunjungan blog ini bisa dilihat di alexa.com dan penggunaan Google Analytics.

Untuk mencapai sasaran diciptakannya Panduan Belajar Blog yaitu sebagai media terkenal bagi masyarakat dalam belajar blogging, saya sudah menyiapkan beberapa rencana strategi yang akan saya wujudkan di tahun 2012 nanti. Beberapa rencana dalam rangka meningkatkan kinerja blog ini antara lain sebagai berikut;

1. Aktifitas posting yang lebih rutin.

Secara umum aktifitas postingan blog yang sudah saya lakukan selama ini sudah baik. Saya melakukan update postingan blog setiap hari dengan bahasan materi yang berbeda agar pembaca tidak merasa jenuh dengan bahasan yang diulang-ulang. Meskipun demikian, saya juga terkadang masih saja menampilkan materi blog yang cakupan bahasannya sama dari hari ke hari. Hal ini biasanya saya lakukan ketika saya membuat atrikel berseri yang cakupan materinya luas dan tidak mungkin saya habiskan dalam satu kali postingan.

Untuk mendukung pelaksanaan update postingan blog setiap hari tentu dibutuhkan ide menulis yang banyak. Rencananya, saya akan mendapatkan banyak ide menulis dan ilmu blogging yang baru dari aktifitas blogwalking yang nantinya juga akan sering saya lakukan. Diharapkan dengan adanya update postingan blog yang rutin ini akan semakin meningkatkan kualitas dan kuantitas kunjungan para pembaca dalam mengunjungi Panduan Belajar Blog.

Konten postingan blog ibarat darah dalam sebuah blog yang diibaratkan tubuh. Jika sirkulasi darah dalam tubuh mengalir dengan baik maka tubuh akan menjadi sehat dan rentan terserang penyakit. Begitu halnya dengan sebuah blog. Jika konten postingan dalam blog tersebut rutin untuk diperbarui maka secara otomatis pengunjung blog baik lama maupun baru akan terus setia mengunjungi dan membaca setiap konten terbaru dalam blog kita.

2. Aktif mempromosikan blog ke jejaring sosial.

situs jejaring sosialSaat ini situs jejaring sosial memiliki banyak fungsi di samping fungsi utamanya sebagai media online dalam menjalin pertemanan dengan orang lain dan teman di dunia nyata. Fungsi jejaring sosial lainnya yang paling sering digunakan adalah sebagai media pemasaran produk barang dan jasa oleh sebuah perusahaan. Tujuannya agar biaya pemasaran semakin murah, jangkauan pemasaran semakin luas, dan target pemasaran kepada para konsumen menjadi semakin lebih dekat.

Fungsi pemasaran dalam jejaring sosial inilah yang ingin saya terapkan dalam memasarkan Panduan Belajar Blog kepada para pembaca. Agar mendapatkan kunjungan yang lebih banyak, saya membuat akun jejaring sosial di situs jejaring sosial yang paling banyak digunakan di Indonesia, yaitu facebook dan twitter. Rencananya, pada langkah pertama saya akan memperbanyak jumlah teman dalam akun facebook. Ketika jumlah teman sudah banyak maka manfaatnya adalah ketika saya update status akan muncul di wall semua teman facebook saya tersebut. Jika saya asumsikan teman saya sudah mencapai 5000 orang dan 10% dari teman saya tersebut mengunjungi blog saya setiap harinya melalui link yang saya cantumkan dalam update status maka bisa dibayangkan berapa kunjungan yang akan saya dapatkan setiap harinya. Lebih penting dari itu, dengan adanya teman yang banyak juga akan membuat proses pengenalan blogging kepada banyak orang semakin efektif dan efisien.

Langkah selanjutnya ketika jumlah teman dalam akun facebook personal saya sudah banyak, saya akan mengoptimalkan penggunaan fans page dalam facebook. Cara kerjanya sama dengan akun personal facebook, hanya saja dengan fans page ini jumlah penggemar yang tergabung dalam komunitas kita tidak dibatasi jumlahnya seperti akun personal.

Konsep yang saya terapkan dalam pemasaran Panduan Belajar Blog melalui media twitter juga sama dengan konsep di facebook. Intinya adalah mendapatkan teman sebanyak mungkin dan mengoptimalkan jumlah pertemanan tersebut sebagai kesempatan potensial dalam mendapatkan kunjungan dan promosi blogging kepada banyak orang.

Pertanyaannya adalah bagaimana saya bisa mendapatkan teman dan penggemar dalam waktu yang cepat ? Saya akan mencoba memanfaatkan konsep viral marketing. Salah satu contohnya adalah saya akan memberikan hadiah berupa pembuatan blog berkualitas premium kepada 5 orang penggemar yang beruntung ketika jumlah penggemar fans page facebook Panduan Belajar Blog sudah mencapai 500 orang. Dengan iming-iming hadiah yang menarik ini tentu akan membuat banyak orang tertarik untuk bergabung dan mengajak teman-temannya untuk bergabung guna memenuhi persyaratan untuk bisa dibuatkan blog gratis tersebut.

3. Mengoptimalkan penyelenggaraan giveaway.

giveawayGiveaway yang dilaksanakan dalam sebuah blog merupakan sebuah kontes berhadiah yang digelar oleh pemilik blog kepada para pembacanya dengan hadiah tertentu dan untuk tujuan tertentu. Giveaway pada dasarnya mirip dengan sebuah kontes atau sayembara yang diadakan pada umumnya, hanya saja giveaway lebih bersifat pada nonkomersial sedangkan kontes atau sayembara pada umumnya lebih bersifat pada komersial.

Pada bulan Desember ini saya mengadakan giveaway di Panduan Belajar Blog. Giveaway tersebut saya selenggarakan dalam rangka mempererat jalinan pertemanan dengan teman blogger dan para pembaca setia blog saya. Giveaway yang mengusung tema resolusi di tahun 2012 ini berhadiah dua buah buku bagi dua orang pemenang.

Giveaway tersebut terbilang cukup berhasil karena tujuan dalam rangka mempererat jalinan pertemanan sudah bisa dilihat dari jumlah peserta yang berpartisipasi dan tanggapan komentar yang diberikan. Pada tahun depan, saya berencana untuk menyelenggarakan sebuah giveaway dengan tujuan untuk mempromosikan blog agar banyak dikenal masyarakat. Dengan tujuan giveaway yang berifat komersial ini tentunya harus mendapatkan jumlah peserta yang banyak. Bagaimana caranya agar banyak peserta yang berpartisipasi ? Saya akan membuat sebuah aturan bagi setiap peserta untuk mengajak satu orang temannya untuk turut berpartisipasi, melakukan perluasan publikasi, hingga menyediakan hadiah bernominal besar melalui sponsorship dan menyederhanakan aturan main.

4. Mengusahakan kerja sama dengan pihak sponsor.

Untuk menunjang kebutuhan blogging dan pemasaran Panduan Belajar Blog, mulai tahun depan saya akan berusaha untuk melakukan kerja sama sponsorship dengan beberapa pihak yang berkenan memberikan kontribusi finansial kepada blog ini. Upaya untuk memperoleh kerja sama sponsorship ini tentu cukup berat, apalagi melihat kualitas blog yang masih biasa dengan statistik kunjungannya yang masih minim.

Meskipun demikian, ada beberapa langkah yang bisa saya tempuh untuk mendapatkan kerja sama sponsorship, antara lain dengan meningkatkan kualitas dan kuantitas kunjungan bagi Panduan Belajar Blog, meminta kontribusi dana yang kecil dan memberikan penawaran iklan di Panduan Belajar Blog pada lokasi yang strategis, dan mencari informasi mengenai pihak-pihak yang berpeluang besar dalam memberikan bantuan sponsorship.

5. Aktif melakukan wawancara dengan blogger senior.

Pada bulan November lalu saya melakukan wawancara dengan salah satu blogger senior yang cukup sukses merintis karir barunya sebagai seorang full time blogger. Beliau adalah Herman Yudhiono, pemilik blogodolar, seorang mantan karyawan perusahaan tambang terkemuka di Indonesia yang lebih memilih menjadi full time blogger karena peluang bisnis online yang menjanjikan.

Adanya wawancara blogging dengan para blogger senior ini tentu akan sangat bermanfaat bagi kenaikan citra Panduan Belajar Blog di mata pengunjung. Semakin banyak blogger senior yang sukses dan terkenal dalam bidang blogging yang kita kenal maka secara tidak langsung hal itu juga akan meningkatkan citra blog kita di mata para penggemar mereka ketika kita bisa menunjukan jika kita memiliki jalinan pertemanan yang baik dengan mereka.

Langkah yang akan saya lakukan di tahun depan yaitu dengan melakukan wawancara blogging dengan para blogger terkenal dan sukses tentang sejarah kesuksesan mereka dibidang bloggingnya masing-masing. Seperti Raditya Dika yang terkenal karena blognya yang berhasil dibukukan dan difilmkan, Enda Nasution pemilik salingsilang.com sebagai bapak Blogger Indonesia, Ndoro Kakung sang dedengkotnya Blogger Indonesia, dan beberapa blogger yang terkenal karena tutorial bloggingnya yang dibagi-bagikan kepada banyak orang.

6. Rutin melakukan blogwalking.

blogwalkingBlogwalking merupakan salah satu aktifitas blogging yang dilakukan oleh blogger dengan mengunjungi blog milik blogger lainnya. Blogwalking biasanya dilakukan oleh blogger untuk menjalin silaturahmi dengan blogger lain. Hal yang biasanya dilakukan oleh blogger dalam blogwalking adalah meninggalkan jejak kunjungannya dengan berkomentar, mengajak blogroll, mengajak saling follow, dsb.

Dengan rutin menjalani blogwalking saya akan mendapatkan dua manfaat utama, yaitu promosi blog lewat komentar yang ditinggalkan dan mendapatkan ide atau bahan untuk konten postingan blog yang baru. Jika pada tahun 2011 ini saya sudah menghabiskan sekita dua jam per hari hanya untuk blogwalking, tahun 2012 mendatang saya akan mengalokasikan waktu sekitar tiga jam untuk menjalani aktifitas blogwalking di beberapa blog teman dan blog milik blogger lain.

Untuk menghindari kejenuhan dan terbenturnya jadwal blogwalking dengan rutinitas keseharian lainnya, saya akan mengalokasikan waktu blogwalking pada saat pagi hari setelah subuh, siang, dan malam hari menjelang tidur. Karena blogwalking tidak mempertimbangkan keuntungan penggunaan jam sibuk di mana banyak blogger sedang beraktifitas blogging maka saya akan mengalokasikan banyak waktu ketika setelah subuh dan menjelang tidur malam karena pada saat itulah saya memiliki banyak waktu senggang.

7. Menerbitkan artikel di social bookmarking.

Rencananya saya juga akan menerbitkan artikel yang populer dari postingan blog di beberapa social bookmarking terkenal di Indonesia seperti infogue.com dan lintasberita.com. Penggunaan social bookmarking untuk menerbitkan artikel sangat bermanfaat sekali bagi peningkatan kunjungan pembaca ke dalam blog kita. Biasanya, sebuah artikel yang unik dan menarik di mata pengunjung social bookmarking akan mendapatkan kunjungan hingga ratusan kali dalam sehari.

Untuk mengoptimalkan penggunaan social bookmarking dalam meningkatkan kunjungan blog ini ada beberapa strategi yang sudah saya persiapkan untuk dilakukan di tahun depan. Pertama, saya akan menerbitkan artikel pada jam sibuk ketika banyak pembaca yang sedang mengunjungi social bookmarking. Biasanya waktu tersebut terdapat antara pukul 17.00 s.d. 19.00 dan 21.00 s.d. 23.00. semakin tepat moment saat kita menerbitkan artikel maka hasil dalam mendapatkan jumlah kunjungan yang melimpah akan semakin efektif dan efisien.

Kedua, artikel yang diterbitkan akan saya beri judul dan ikhtisar dengan kalimat yang memikat. Dengan rangkaian kata yang menghipnotis, secara langsung juga akan berdampak pada potensi kunjungan dari para pembaca yang lebih besar ke dalam blog kita. Ketiga, artikel yang diterbitkan merupakan artikel unggulan atau diperkirakan populer bagi pembaca umum. Salah satu indikator yang menyimpulkan sebuah artikel dikategorikan populer adalah kontennya yang fresh, informatif, dan unik atau belum banyak pihak yang menerbitkannya. Ketika sebagian pengunjung sudah mengenal kualitas artikel yang kita terbitkan dengan baik maka setiap kita menerbitkan sebuah artikel baru akan secara otomatis memberikan sugesti lebih kepada para pengunjung social bookmarking untuk mengunjungi blog kita.

8. Daftar ke blog direktori.

blog direktoriBlog direktori memiliki fungsi yang mirip dengan social bookmarking. Bedanya adalah social bookmarking membutuhkan penerbitan artikel secara manual, sedangkan blog direktori menerbitkan artikel dari blog kita secara otomatis. Penerbitan artikel dari blog yang sudah kita daftarkan dalam blog direktori ini dilakukan melalui penelusuran feed dari blog kita yang dilakukan oleh blog direktori yang bersangkutan. Beberapa blog direktori yang akan saya ikuti untuk meningkatkan kunjungan blog seperti technorati.com dan blogcatalog.com.

Artikel postingan dalam blog kita akan muncul di halaman hasil pencarian search engine ketika ada seseorang ingin mencari informasi tertentu dan kebetulan informasi tersebut terkandung di dalam postingan blog kita yang bisa dilihat dari penggunaan kata kunci yang sama.

Semakin baik kuantitas dan kualitas postingan dalam blog kita akan membuat artikel blog kita banyak bermunculan di internet setiap kali ada orang yang membutuhkan informasi berdasarkan kata kunci tertentu. Semakin banyak artikel yang muncul di halaman terdepan hasil pencarian search engine terhadap sebuah informasi tertentu maka peluang bagi blog kita untuk mendapatkan kunjungan akan semakin besar.

9. Membuat milist.

milistRencana dalam upaya penyebaran informasi blogging kepada masyarakat luas dan mempromosikan Panduan Belajar Blog juga akan saya lakukan melalui mailling list di beberapa provider seperti gmail dan ymail. Menurut beberapa sumber referensi yang saya baca, penggunaan milist sebagai media penyebaran informasi sangat efektif dilakukan. Analoginya adalah jika anggota milist kita mencapai 1000 orang maka setiap kali kita mengirimkan informasi dalam milist tersebut secara otomatis akan tersebar ke-1000 orang anggota milist tersebut.

10. Aktif mengikuti forum.

Secara umum peran sebuah forum dalam meningkatkan kunjungan blog bisa dibilang relatif minim. Akan tetapi, aktif dalam beberapa forum bisa saya lakukan sebagai langkah diversifikasi dalam hal mengenalkan Panduan Belajar Blog dan menyebarkan informasi blogging yang saya miliki. Beberapa forum yang rencananya layak untuk saya ikuti seperti www.adsense-id.com/forums, faceblog.com, hingga kaskus.us.

Sedangkan beberapa strategi dalam memaksimalkan kunjungan blog dari forum yang saya ikuti seperti memasang informasi Panduan Belajar Blog pada akun profil dalam forum tersebut, memberikan kontribusi yang bagus dan menjaga reputasinya, serta menempatkan link Panduan Belajar Blog di setiap postingan yang diterbitkan di dalam forum tersebut.

Harapan yang ingin saya realisasikan terhadap Panduan Belajar Blog yang sudah saya kelola saat ini adalah blog tersebut bisa menjadi terkenal di mata masyarakat. Sehingga, ketika blog tersebut sudah menjadi terkenal dan familiar bagi masyarakat diharapkan proses transfer ilmu pengetahuan yang diterbitkan dalam blog tersebut yang berupa pengetahuan blogging dapat diserap dan dipahami dengan baik oleh para pembaca yang mengunjunginya.

Semakin banyak orang berkunjung dan membaca materi yang diterbitkan maka peluang banyak orang yang lebih menguasai pengetahuan blogging akan semakin besar. Sehingga, apa yang semula ingin saya raih dari dibuatnya Panduan Belajar Blog yaitu untuk memberikan kontribusi bagi masyarakat dalam memberikan pengatahuan blogging yang seluas-luas dan sebanyak-banyaknya dapat tercapai dengan baik.

Target saya di tahun 2012 adalah Panduan Belajar Blog sudah memiliki jumlah kunjungan hingga ribuan kunjungan per harinya. Selain itu, target secara kualitatifnya adalah Panduan Belajar Blog bisa semakin dikenal oleh masyarakat sebagai pusat belajar dunia blogging secara online terpercaya bagi masyarakat. Sehingga, ketika ada orang yang ingin belajar blogging maka mereka tidak akan ragu lagi untuk menunjuk Panduan Belajar Blog sebagai referensi utamanya.

Semoga dengan adanya beberapa pengalaman blogging di tahun 2011 dan analisis peluang kemudahan, hambatan, serta strategi yang sudah disiapkan bisa semakin mempermudah proses pencapaian tujuan dibuatnya Panduan Belajar Blog sebagai media pembelajaran blogging terkenal yang gratis dan praktis bagi masyarakat. Amin!

{ 64 komentar... Baca atau Berikan Komentar }

zone mengatakan...

waaah.....
wow banget ni...
:)

Inspirasi Kecilku mengatakan...

ayo bro ikutan juga dalam lomba blog ini. :)

Asep Saepurohman mengatakan...

wah ini semacam seo kan ?:)

Inspirasi Kecilku mengatakan...

bukan, lomba menulis tentang resolusi kita ditahun 2012.
ikut yuk. :)

Krisetya Febriandi Salomo mengatakan...

Wah setuju setuju.. Selamat berjuang gan! ane juga ikut :D
http://www.pakarinternet.info/2011/12/resolusi-juara-2012/http://www.pakarinternet.info/2011/12/resolusi-juara-2012/

Raihan Mar'ie Ramadhan mengatakan...

Panduan Blog sudah punya nama besar diolah oleh fropesional adminnya,dibumbui dengan resolusi juara 2012,tambah mantap aja.Selamat berjuang sob,sukses selalu untukmu.
Happy weekend and happy blogging.

Muhammad Ihsan mengatakan...

wah wah sungguh artikel yang mantab ditulis dengan hati dan ada 3 kata nih buat adminya : "Bismillah,Allah Akbar,Subhanalah" :) hehe

Anas mengatakan...

selamat berjuang mas,,

Semoga keinginannya tercapai amiin..

Inspirasi Kecilku mengatakan...

@Krisetya Febriandi Salomo:

ayo kita ramaikan acara ini bro. semoga ini bisa menjadi momen yang bagus bagi kita semua dalam menunjukan dan mengembangkan resolusi yang ingin kita capai di tahun 2012 mendatang. :)

Inspirasi Kecilku mengatakan...

@Raihan Mar'ie Ramadhan:

amin..
trims untuk doa dan dukungannya ya bro. :D
ayo ikutan juga dalam acara ini, berhadiah lho. :)

Inspirasi Kecilku mengatakan...

@Muhammad Ihsan:

Alhamdulillah, trims untuk semangatnya bro. :)

Inspirasi Kecilku mengatakan...

@Anas:

amin.. :)
trims ya untuk dukungannya. :)

Cheat Lost Saga Skill No Delay 29 Desember 2011 mengatakan...

Semoga menang Brow

rusydi hikmawan mengatakan...

mau ngadain GA? waaah saya mau ikut ah. semoga sukses, gan

joe Rizky mengatakan...

salam kenal sob, jangan lupa follow back ya.

Inspirasi Kecilku mengatakan...

@Cheat Lost Saga Skill No Delay 29 Desember 2011:

amin bro. trims untuk doa dan dukungannya. :)
ayo ikutan juga..

Cucu Hermawan mengatakan...

Ke depan semoga panduannya makin rutin ya mas,, dan resolusi juaranya tercapai semua.
salam bloger :d

Inspirasi Kecilku mengatakan...

@rusydi hikmawan:

rencananya untuk tahun depan akan mengadakan Giveaway lagi bro. Giveaway akan diadakan dalam skala yang lebih besar baik dari segi jumlah peserta maupun hadiahnya. :)

Inspirasi Kecilku mengatakan...

@joe Rizky:

salam kenal balik bro. sudah saya follow balik. :)

Inspirasi Kecilku mengatakan...

@Cucu Hermawan:

amin.. :)
trims untuk doa dan dukungannya ya. akhir tahun ini memang saya banyak kesibukan, sehingga Panduan Belajar Blog untuk sementara waktu saya tinggalkan dulu rutinitas updatenya.

ayo ikutan juga acara resolusi juara ini bro.

Ario Antoko mengatakan...

aku juga berusaha posting tiap hari, atau setidaknya posting 5 hari seminggu

Nyach mengatakan...

Bener mantabs resolusi juara di tahun depan, langkah2nya terstruktur dengan apik.
S3 untuk Admin (salam sukses selalu)

bensdoing mengatakan...

wahh...deskripsinya luar biasa sob...
terperinci poin per poin..
sukses ya kontesnya...
salam kenal dan salam persahabatan !

Inspirasi Kecilku mengatakan...

@Ario Antoko:

saya juga demikian bro. tapi dengan banyaknya aktifitas lain akhir2 ini membuat aktifitas posting di blog menjadi terganggu. semoga saya bisa cepat menemukan solusinya.

ayo ikutan juga dalam lomba blogging ini. :)

Inspirasi Kecilku mengatakan...

@Nyach:

semoga bisa terlaksana dengan baik semoga rencananya. saya pikir untuk bisa mewujudkannya memang tidak mudah, tetapi dengan strategi dan analisis kemudahan serta hambatan yang sudah diperhitungkan paling tidak akan membantu usaha yang nantinya akan saya lakukan.

trims untuk doa dan dukungannya. :)

Inspirasi Kecilku mengatakan...

@bensdoing:

amin..
trims untuk doa dan dukungannya. :)

ayo ikut berpartisipasi dalam lomba blogging ini bro. salam kenal juga ya.

Alprablog™ mengatakan...

pke ada wawancara segala ya :D

Inspirasi Kecilku mengatakan...

dengan wawancara kita bisa menimba ilmu, pengalaman, dan cara pandang dari seseorang yang sudah ahli di bidangnya bro. :)

puisi mengatakan...

selamat berjuang sob, semoga semakin sukses

Inspirasi Kecilku mengatakan...

amin..
trims untuk doa dan dukungannya bro. :)

Ipah mengatakan...

udah aku save as dan sebarkan ke fesbukku. wow banget ini resolusinya hahhaha. aku sendiri gak tau mau bikin resolusi apa. yg jelas mau rajin2 silahturahmi hahaha

semangat ya om!

1mmanuel'Z-Note5 mengatakan...

semuanya manfaat ngeblognya bener banget.... hanya saja kalo mau visitornya banyak, mungkin ada baiknya blogmu hjadi online diary deh kayak raditya dika gitu. karna berdasarkian pengamatanku, yang genrenya kayak gitu itu yang pengunjungnya membludak.... :)

Rohis Facebook mengatakan...

semoga sukses ya bro ngeblogx... ;)

Muhammad Rahman Arif mengatakan...

http://caturhp.multiply.com/journal/item/329/Resolusi_Juara_2012_Menulis_Buku_Berbisnis_Online_dengan_Akses_Internet_Berkecepatan_Tinggi

Inspirasi Kecilku mengatakan...

@Ipah:

trims untuk bantuannya ya. :)
trims juga untuk doa dan dukungannya. ayo ikutan juga di acara lomba blogging ini. sambil membuat resolusi yang bagus, kita juga berpeluang mengenalkan resolusi yang ingin kita raih kepada banyak orang.

Inspirasi Kecilku mengatakan...

@1mmanuel'Z-Note5:

ide yang bagus bro. saya juga sudah mengirimkan naskah buku ke salah satu penerbit. semoga naskahnya diterbitkan menjadi sebuah buku sehingga proses pengenalan blogging kepada masyarakat awam bisa berjalan dengan lebih baik lagi.

trims untuk tambahannya bro. :)

Inspirasi Kecilku mengatakan...

@Rohis Facebook:

amin..
trims ya doa dan dukungannya. :)

Inspirasi Kecilku mengatakan...

@Muhammad Rahman Arif:

trims sudah berkunjung. :)

Arif Chasan mengatakan...

cadas niih... XD
tp blogwalking yang paling keren sob.. XD

Inspirasi Kecilku mengatakan...

trims untuk apresiasinya bro. :)
semoga saya bisa mewujudkan resolusi pada panduan belajar blog di tahun ini. amin..

Ninda Rahadi mengatakan...

banyak lomba blog ya tapi saya seringkali malas
soalnya kudu banyak postingan buat lomba kan

Inspirasi Kecilku mengatakan...

iya, objek yang diperlombakan adalah konten postingan blog kita. jika kita memang tidak suka ya tidak usah dipaksakan.

mungkin dari sekian banyak lomba blogging ada salah satu lomba blogging dengan tema tertentu yang menarik perhatian untuk kita ikuti. :)

Afl@sh mengatakan...

mantab gan resolusinya... mampir dan komen juga ya, ke... http://rhianzflash.blogspot.com/2012/01/resolusi-juara.html

detikQ mengatakan...

kalau saya biar cepet rame blog, posting info greess dan info yang banyak dicari orang masbro. oia salam kenal dengan blog baru saya ditunggu kunjungan balik dan komentar positifnya.

detikQ -http://de.tk/6yERb

Fu'additiya Imaspadi Muharam mengatakan...

resolusi yang patut dicontoh bwd kalangan muda sat ni mngkn kita jga bs mengurangi aktivitas bermain game online atau lainnya dan mnggunakn intrnt lbh brmnfat lgi.. sukses bwd resolusiny..


Resolusiku

vie_three mengatakan...

waaahhh banyak yang ikutan. keren-keren resolusinya.....

Inspirasi Kecilku mengatakan...

@Afl@sh:

salam kenal bro.
trims ya untuk kunjungannya. ditunggu kunjungan berikutnya. :)

Inspirasi Kecilku mengatakan...

@detikQ:

trims untuk masukannya. semoga tahun ini bisa menjadi menarik untuk perkembangan Panduan Belajar Blog dalam rangka menjadi blog rujukan utama bagi masyarakat umum yang ingin belajar blogging online. amin.. :)

Inspirasi Kecilku mengatakan...

@Fu'additiya Imaspadi Muharam:

betul bro. blogging sangat bermanfaat bagi kita dan orang lain. semoga tahun 2012 semakin banyak orang yang berminat menjadi blogger dan berkontribusi positif dalam kemajuan perkembangan zaman. :)

Inspirasi Kecilku mengatakan...

@vie_three:

trims untuk apresiasinya. semoga tahun ini bisa terlaksana dengan baik. amin.. :)

Jepr819 mengatakan...

Sukses yah mas benny !!!, senang membaca blog nya. Semoga kita tetap jadi blogger yang memberi manfaat bagi pembaca setia.

Salam kenal,
Komentar balik yah mas, silahkan cek
http://bit.ly/zVL2bE

shygit0911 mengatakan...

wahh.. nice Topik sobb...
jgn lupa kunjungi juga punya ane..
http://sigitirmawan.com/tuntaskan-skripsi-di-2012-my-resolution
tinggalkan komentar yah,..
happy blogging and happy new year..

Inspirasi Kecilku mengatakan...

@Jepr819:

salam kenal kembali. trims ya sudah berkunjung. :)

Inspirasi Kecilku mengatakan...

@shygit0911:

salam kenal bro. :)

NUR RAHMAT KURNIAWAN mengatakan...

wow...., kagum dengan tulisan Anda.
Semoga resolusinya berhasil ya, didukung layanan terbaik dari Speedy.
Salam blogger. Kunjungi juga yukkkk...
http://www.nurrahmatk.blogspot.com/2011/12/resolusi-juara-2012-optimalkan.html

Buyung Afrianto mengatakan...

bagus banget artikelnya, suatu resolusi yang luar biasa, jangan lupa untuk mampir & komentar balik ke blogku ya makasih banyak !

Inspirasi Kecilku mengatakan...

@NUR RAHMAT KURNIAWAN:

amin..
trims untuk doa dan dukungannya ya. :)

Inspirasi Kecilku mengatakan...

@Buyung Afrianto:

trims untuk apresiasinya. :)

Dijual Rumah mengatakan...

keren blognya simple tapi berisi gitu hehe :D
sukses selalu dech



ditunggu kundjungan baliknya ke http://articles.century21.co.id

Inspirasi Kecilku mengatakan...

salam kenal. :)

Yudhie mengatakan...

Mantap sekali infonya sobat,,,,mampir juga di http://makalah-kita.blogspot.com/2012/02/internet-sebagai-media-pembelajaran.html

Niken mengatakan...

halo bro

ane mau ngundang tuk ikutan kontes blog
Ga pake ribet kok mas bro..
kalo minat, kunjungi link di bawah ini

http://id.carmall.com/id/main/contest

ikutan ya bro dan semoga menang

thanks

ika mengatakan...

waaah postingan yang sangat bagus dan sangat memberikan referensi,
semoga ilmu ini dapat bermanfaat bagi semuanya yah,
kalau sempat bisa kunjungi blog saya di
http://merdeka.blog.stisitelkom.ac.id/

terimakasih ^^

Sugianto Vijjayasena mengatakan...

Informasi yang bagus bagi guru kreatif, dengan media belajar efektif

Posting Komentar

 

Daftar Blog Saya

Komentar Terbaru

Pengikut