Menulis Akan Susah Tanpa Membaca

Diposting oleh Inspirasi Kecilku on Kamis, 12 Januari 2012

Kesulitan Menulis – Meskipun kita sudah terbiasa untuk menulis, kita akan tetap merasa kesulitan untuk menulis bila kita telah jarang untuk membaca. Membaca itu penting. Karena dengan membaca kita akan mendapatkan pengetahuan baru, ilmu baru, ide baru, kreasi baru, hingga cara pandang yang baru.

membacaMenulis dan membaca merupakan dua sisi berbeda yang saling berkaitan. Kita tidak akan bisa terus mengeluarkan sesuatu tanpa pernah memasukan sesuatu. Karena jika kita terus mengeluarkan sesuatu, lalu dari apa yang bisa kita keluarkan lagi jika kita tidak pernah memasukan sesuatu? Begitulah analoginya antara menulis dan membaca. Kita harus menyeimbangkan antara memasukan sesuatu dengan membaca dan mengeluarkan sesuatu dengan menulis.

Hasil menulis yang bagus memang sangat dipengaruhi oleh keterampilan kita dalam menulis. Akan tapi, hal itu tidak akan berjalan efektif jika kita tidak memiliki bahan yang cukup baik untuk diolah menjadi sebuah tulisan. Dengan membaca kita akan memiliki banyak bahan tulisan, ide, gagasan yang hendak dituangkan, dan kreatifitas yang ekspresif untuk ditumpahkan dalam sebuah tulisan. Gaya bahasa menulis kita pun akan terasa lebih nimkat untuk dibaca. Selain itu, tulisan kita juga akan padat dan kaya akan makna.

Menulis tanpa membaca sama saja omong kosong dan begitu juga sebaliknya. Kita yang hanya membaca saja tanpa menulis juga tidak akan pernah bisa mengembangkan kemampuan yang kita miliki. Bukankah kita itu harus mengikat ilmu dengan menulisnya?

Membaca dapat kita lakukan dengan beragam bentuk. Kita dapat membaca karena sengaja untuk mencari informasi tertentu, membaca karena iseng untuk mengurangi kejenuhan, hingga membaca karena sebagai hiburan untuk menyenangkan hati. Beragam bentuk membaca itu ditujukan untuk satu alasan yaitu untuk menambah wawasan yang bisa menambah kualitas menulis kita.

Semakin baik kualitas dan kuantitas kegiatan kita dalam membaca akan berakibat baik pada kegiatan menulis kita. Biasakan untuk membaca karena membaca tidak hanya bermanfaat untuk kegitan tulis menulis saja, tetapi bermanfaat bagi kemajuan taraf hidup kita secara keseluruhan.

{ 10 komentar... Baca atau Berikan Komentar }

Della mengatakan...

Yup, bener banget. Membaca sangat membantu, apalagi kalau mendadak kena serangan writer's block :D

Inspirasi Kecilku mengatakan...

membaca akan semakin memperkaya bahan kita dalam menulis.

Bloggermasel mengatakan...

menulis itu muncrahkan pengetahuan, mambaca menimba pengetahuan.

salam Happy Blogging

Inspirasi Kecilku mengatakan...

betul bro. semuanya harus dilakukan secara seimbang agar apa yang kita curahkan juga bermanfaat dan bernilai.
salam kenal balik. :)

mr. Nyach mengatakan...

aku kesini juga pingin membaca
sudah menulis tulisan sederhana

Inspirasi Kecilku mengatakan...

dengan membaca akan menambah wawasan dan bahan menulis kita.

Social Bookmark mengatakan...

membaca dapat memberikan inspirasi menulis buat kita.... karena semakin banyak membaca semakin banyak bahan untuk dipikirkan dan tak lupa selalu berlatih

Inspirasi Kecilku mengatakan...

betul bro. :)

Ipah mengatakan...

oooh jadi begitu ya. lagi pula biar lebih mengasah pengetahuan :D

Fajar Kurniawan Januar Efendi mengatakan...

setuju mas... membaca memberikan kita ide baru untuk segera dituangkan dengan gaya penulisan kita :)

Posting Komentar

 

Daftar Blog Saya

Komentar Terbaru

Pengikut