Makna Kecerdasan

Diposting oleh Inspirasi Kecilku on Sabtu, 24 November 2012


Makna Kecerdasan - Kecerdasan adalah anugerah yang diberikan oleh Tuhan kepada kita sebagai makhluknya. Kecerdasan sangat penting bagi kehidupan manusia, karena dengan kecerdasan yang dimiliki dapat meningkatkan taraf hidup atau kemuliaan bagi manusia itu sendiri. Orang pandai pasti lebih mulia derajat hidupnya daripada orang bodoh. Misalnya dalam hal ekonomi, sosial, dan pengetahuan. Akan tetapi, hal ini tidak serta merta berlaku jika kita melihat dari sudut pandang agama, karena pada dasarnya semua manusia itu sama mulianya di mata Tuhan, yang membedakan di antaranya hanyalah amal perbuatannya.

Seperti apa kecerdasan manusia itu?
Aku yakin setiap orang di antara kita pasti memiliki jawaban berbeda karena pemahaman yang berbeda pula. Menurutku, kecerdasan manusia itu bisa diukur dari kemampuan dirinya untuk menyelaraskan dua hal yang bertolak belakang untuk kemudian ditemukan sebuah titik temu yang sempurna.

Contohnya seperti ini, misalkan ada seseorang yang ingin mengasah kreatifitasnya. Agar kreatifitasnya semakin baik, salah satu cara yang harus dia tempuh adalah berbaur dengan sesuatu yang baru, entah itu menciptakan sesuatu yang baru dalam bagian lamanya hingga mencari sesuatu yang benar-benar baru baginya. Nah, kebetulan juga dia memiliki sebuah keyakinan atau prinsip untuk tidak mudah menghilangkan sesuatu yang lama dalam hidupnya untuk mengganti dengan sesuatu yang baru karena memiliki nilai history yang besar dalam hidupnya. Sehingga, kecerdasannya ini dapat dilihat dengan cara bagaimana seseorang ini mampu menemukan titik temu yang sempurna dalam mendapatkan kreatifitas dengan mengkombinasikan kedua hal yang saling bertolak belakang itu tanpa menambah atau mengurangi dengan hal lain.

Meskipun kita tidak menguasai semua kecerdasan yang ada, tetapi kita harus tetap bersyukur. Gunakan kecerdasan kita sebaik-baiknya dan bermanfaat. Kita harus tetap percaya diri dan yakin jika kita dan kecerdasan kita yang diberikan olehNya ini merupakan pemberian terbaik yang diberikan olehNya kepada kita. Tetap bersemangat dan terus berusaha menjadi yang terbaik.

{ 1 komentar... Baca atau Berikan Komentar }

Uang mengatakan...

Setuju, thanks atas inspirasinya

Posting Komentar

 

Daftar Blog Saya

Komentar Terbaru

Pengikut